4 Manfaat Renang Untuk Anak Usia Dini

4 Manfaat Renang Untuk Anak Usia Dini | Sakuilmu.net - Alasan terpenting yang dilakukan banyak orang tua untuk mengajari anak-anaknya belajar berenang adalah untuk meminimalisasi dari bahaya keamanan anak saat berada di air yaitu mencegah terjadinya  tenggelam.

Namun tahukah Sobat, dari hasil penelitian ditemukan fakta bahwa ada manfaat renang untuk anak usia dini disamping pencegahan bahaya tenggelam diatas?.

Berikut ini kami sampaikan fakta 4 Manfaat renang untuk anak usia dini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Griffith University, sebagaimana yang dilansir oleh hubbardswim.com.

4 Manfaat Renang Untuk Anak Usia Dini 

Peneliti dari Griffith University telah mengamati sekitar 7.000 orang tua dan mengamati dengan seksama 176 anak usia dini (berusia sampai lima tahun / Balita) selama tiga tahun, yang secara teratur menghadiri kelas renang. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan fakta - fakta tentang 4 manfaat renang untuk anak usia dini sebagai berikut :

4 Manfaat Renang Untuk Anak Usia Dini

1. Manfaat Renang Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak


Renang yang dilakukan secara teratur oleh bayi atau anak usia dini sangat bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan motorik anak. Kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti bahwa anak-anak dalam pelajaran berenang sejak usia dini rata-rata tujuh bulan lebih maju dalam pencapaian perkembangan keterampilan motorik daripada populasi normal.


Hal ini berarti bahwa anak-anak di kelas berenang jauh lebih mahir dalam aktivitas seperti menggambar, menggunakan pensil dan bangunan dengan balok. Mereka juga cenderung memiliki keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik daripada rekan mereka yang tidak aktif belajar berenang. Semakin dini Anda memulai bayi Anda di kelas berenang, semakin jelas lompatan pada perkembangan anak ini.

2. Manfaat Renang Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak


Keterampilan motorik dan penanda fisik lainnya yang menandakan perkembangan balita / anak usia dini sepertinya memiliki hubungan yang jelas dengan pelajaran berenang, karena berenang melibatkan penggunaan otot dan keterampilan motorik juga.

Namun studi Griffith University yang sama mengungkapkan bahwa kognisi juga meningkat secara signifikan pada anak-anak muda yang aktif di kelas renang.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa manfaat renang untuk anak usia dini dapat memajukan perkembangan kognisi sebanyak 10 bulan lebih cepat dari populasi normal. Ini berarti bahwa orang tua dapat mengharapkan bayi dan anak-anak muda yang terlibat dalam kelas berenang mencapai tingkat penalaran di bidang seperti membaca, menulis dan berhitung secara signifikan di depan rekan sejawat mereka yang sama.

3. Manfaat Renang dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa pada Anak


Sebagai salah satu penelitian penting dalam studi Universitas Griffith, kelas renang menawarkan lingkungan yang kaya bahasa. Salah satu tonggak balita yang banyak disukai orang banyak adalah saat anak kecil mengucapkan kata pertama mereka. Setelah mengikuti kelas berenang, ini bisa menjadi lebih cepat dari perkiraan.

Bagaimanapun, instruksi yang diberikan sepanjang pelajaran membantu perkembangan bahasa lebih lanjut. Instruktur biasanya menggunakan ungkapan seperti "berenang di bawah air ke segitiga kuning," Yang membantu anak-anak untuk secara alami menyerap pidato pidato penting seperti preposisi dan kata-kata berguna seperti warna, bentuk dan banyak lagi.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan hanya mendengar dan mengamati jenis percakapan selama pelajaran berlangsung dapat meningkatkan bahasa secara signifikan.

4. Manfaat Renang dalam Meningkatkan Apresiasi Sosial dan Emosional pada Anak

Kita semua sepakat bahwa Intelijen jelas sangat penting. Namun banyak orang tua juga berusaha agar anak mereka dapat menyesuaikan diri dengan perasaan sosial dan emosional. Studi penelitian Griffith University menemukan bahwa anak-anak muda yang terlibat dalam pelajaran berenang rata-rata 15 bulan lebih cepat dari populasi normal dalam perkembangan sosial dan emosional.

Mereka cenderung memahami arah dengan lebih baik, yang membantu mereka beradaptasi dengan sekolah seiring bertambahnya usia, dan mereka juga lebih nyaman berinteraksi dengan teman sebayanya dan orang dewasa lainnya. Penelitian lain telah menunjukkan hubungan antara kedewasaan emosional dan olahraga teratur, dan berenang juga menyediakan jalan keluar dimana anak muda dapat mengeluarkan energinya dan melepaskan frustrasi.


Bagaimana Sobat, ternyata berenang sangat bagus dilakukan oleh anak usia dini, karena terbukti memiliki berbagai manfaat bagi perkembangan anak usia dini / balita. Jadi, mari ajari anak-anak untuk belajar macam-macam gaya renang sejak usia dini.

Demikian Sobat Sakuilmu, 4 manfaat renang untuk anak usia dini. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://www.hubbardswim.com/blog/post/4-benefits-of-swim-lessons-on-early-childhood-development
Loading...

0 komentar