10 Fungsi Peredaran Darah Manusia

10 Fungsi Peredaran Darah Manusia | Sakuilmu.netDarah adalah cairan yang terdapat pada semua hewan tingkat tinggi yang berfungsi mengirimkan zat-zat dan oksigen yang dibutuhkan oleh jaringan tubuh, mengangkut bahan-bahan kimia hasil metabolisme, dan juga sebagai pertahanan tubuh terhadap virus atau bakteri. Istilah medis yang berkaitan dengan darah diawali dengan kata hemo- atau hemato- yang berasal dari bahasa Yunani haima yang berarti darah.

Demikian pula pada tubuh manusia, darah pada manusia merupakan cairan di dalam tubuh yang berfungsi untuk mengangkut oksigen yang diperlukan oleh sel-sel di seluruh tubuh. Darah juga menyuplai jaringan tubuh dengan nutrisi, mengangkut zat-zat sisa metabolisme, dan mengandung berbagai bahan penyusun sistem imun yang bertujuan mempertahankan tubuh dari berbagai penyakit. Hormon-hormon dari sistem endokrin juga diedarkan melalui darah.

Darah manusia berwarna merah yaitu antara merah terang apabila kaya oksigen, sampai merah tua apabila darah tersebut kekurangan oksigen. Warna merah pada darah disebabkan oleh hemoglobin, protein pernapasan (respiratory protein) yang mengandung besi dalam bentuk heme, yang merupakan tempat terikatnya molekul-molekul oksigen.

Manusia memiliki sistem peredaran darah tertutup yang berarti darah mengalir dalam pembuluh darah dan disirkulasikan oleh jantung. Darah dipompa oleh jantung menuju paru-paru untuk melepaskan sisa metabolisme berupa karbon dioksida dan menyerap oksigen melalui pembuluh arteri pulmonalis, lalu dibawa kembali ke jantung melalui vena pulmonalis. Setelah itu darah dikirimkan ke seluruh tubuh oleh saluran pembuluh darah aorta. Darah membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui saluran halus darah yang disebut pembuluh kapiler. Darah kemudian kembali ke jantung melalui pembuluh darah vena cava superior dan vena cava inferior.

Darah juga mengangkut bahan bahan sisa metabolisme, obat-obatan dan bahan kimia asing ke hati untuk diuraikan dan dibawa ke ginjal untuk dibuang sebagai air seni. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami rangkumkan 10 fungsi peredaran darah manusia.

10 Fungsi Peredaran Darah Manusia


  1. Sebagai alat pembuangan limbah sisa dari metabolisme tubuh
  2. Menjaga stabilisasi pH tubuh serta cairan tubuh;
  3. Memeliharaan suhu tubuh agar tetap normal;
  4. Memerangi dan menjaga tubuh dari infeksi baik yang dibawa oleh bakteri, virus dan patogen.
  5. Sebagai respirasi yaitu memberikan oksigen kepada sel-sel serta membuang karbon dioksida
  6. Sebagai pengangkut nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dengan membawa zat-zat yang dihasilkan dari makanan
  7. Sebagai pembungan limbah dengan membuang hasil limbah dan hasil racun yang dapat membahayakan tubuh jika dibiarkan berada dalam tubuh
  8. Sebagai imunitas tubuh yang dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit
  9. Sebagai alat komunikasi seluler sistem peredaran darah
  10. Sebagai alat termoregulasi tubuh, hal ini dikarenakan sistem peredaran darah dapat mengangkut panas
Setelah mengetahui bagaimana fungsi peredaran darah manusia diatas, barangkali masih ada satu pertanyaan lagi. Berapa banyakah darah pada tubuh manusia?

Berapa Banyak Darah Di Tubuh Manusia?


Ternyata tubuh manusia banyak mengandung darah dengan fungsi yang telah dijelaskan diatas. Lalu berapa banyak darah yang ada didalam tubuh manusia? Tubuh manusia dewasa terdiri dari 4,5 sampai dengan 5,5 liter darah.

Porsi darah dalam tubuh adalah kurang lebih 10% dari berat tubuh kita. Jadi jika kita memiliki berat tubuh 54 Kg, maka kandungan darah dalam tubuh kita sekitar 4,4 - 5,4 kg.

Demikian Sobat Sakuilmu, fungsi peredaran darah pada manusia. Semoga bermanfaat..
Loading...

0 komentar