Sejarah Renang dan Perkembangannya

Sejarah Renang dan Perkembangannya | Sakuilmu - Kita semua sudah mengetahui betapa banyak manfaat renang bagi kesehatan kita. Olah raga ini banyak membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan (obesitas). Renang juga diketahui bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dari beberapa penyakit seperti stroke, jantung dan diabetes.

Karena begitu banyaknya manfaat olah raga renang bagi manusia menjadikan olah raga ini disukai banyak orang, dan menjadi salah satu olah raga yang dipertandingkan dalam berbagai event perlombaan. Namun tahukah sobat bagaimana asal usul olah raga renang yang masuk dalam olah raga air (aquatic) ini?

Dalam artikel kali ini kita akan mengetahi seluk beluk / asal usul sejarah renang dan perkembannya baik di dunia maupun di negara Indonesia.

Sejarah Renang dan Perkembangannya


Olah raga renang sebenarnya sudah ada sejak zaman batu, yaitu sejak berkambangnya berbagai negara di belahan dunia. Hal ini disimpulkan dari diketemukannya gambar-gambar kuno yang ada di gua daerah Wadi Sora sebelah barat daya Mesir. Olahraga renang juga berkembang di Eropa yaitu di Yunani dan bangsa Romawi yang menganggap renang sebagai salah satu faktor penting dalam latihan keprajuritan bangsa romawi. Jepang mewajibkan semua prajuritnya dapat berenang.

Namun demikian sejarah renang tercatat sejak adanya perlombaan berenang yang  dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian besar perenang pada saat itu  berenang dengan memakai gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya trudgen di lomba-lomba renang setelah meniru renang gaya bebas suku Indian. Akibat ketidaksukaan orang Inggris terhadap gerakan renang yang memercikkan air ke sana ke mari, Trudgen mengganti gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping.

Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan sejak Olimpiade Athena 1896. Nomor renang putri dilombakan sejak Olimpiade Stockholm 1912. Pada 1902, Richard Cavill memperkenalkan renang gaya bebas. Federasi Renang Internasional dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu pertama kali dikembangkan pada tahun 1930-an. Pada awalnya, gaya kupu-kupu merupakan variasi gaya dada sebelum dianggap sebagai gaya renang tersendiri pada 1952.

Sejarah Renang di Indonesia


Sejarah renang di Indonesia dapat diketahui sezak zaman penjajahan Belanda. Di Hindia Belanda, Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) didirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwembond), dan Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada 1927. Sejak itu pula perlombaan renang antardaerah mulai sering diadakan. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda.[1]

Pada 1936, perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam mencatat rekor 59,9 detik untuk nomor 100 meter gaya bebas di kolam renang Cihampelas Bandung. Pet Stam dikirim sebagai wakil Belanda di Olimpiade Berlin 1936. Persatuan Berenang Seluruh Indonesia didirikan 21 Maret 1951, dan sebagai anggota Federasi Renang Internasional sejak tahun berikutnya. Perenang Indonesia ikut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952.[1]

Demikian Sobat sakuilmu, sejarah renang dan perkembangnnya yang bisa kita ketahui. Sampai jumpa pada artikel olah raga selanjutnya.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Renang
Loading...

0 komentar