6 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

6 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh Manusia | Sakuilmu.net - Lari merupakan olah raga yang murah dan praktis. Murah, karena tidak memerlukan alat / perlengkapan atau arena khusus, praktis karena dapat dilakukan oleh siapa saja dan waktunya kapan saja.

Pada kesempatan yang lalu kita sudah mengenal macam-macam olah raga lari, namun dari semua olah raga lari yang termasuk kedalam cabang olah raga atletik tersebut, terdapat manfaat yang sangat baik bagi kesehatan kita.

Apa saja manfaat utama dari olahraga lari ini bagi kesehatan tubuh kita? Mari kita simak artikel dibawah ini.

6 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

6 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Olah raga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan tingkat kesehatan tubuh. Oleh sebab itu banyak praktisi kesehatan yang merekomendasikan beberapa macam olah raga kepada banyak orang. Berikut ini setidaknya 6 manfaat lari bagi kesehatan tubuh kita, yang dilansir dari berbagai sumber.


1. Manfaat Lari untuk Mengurangi Berat Badan

Banyak orang melakukan lari / joging dengan tujuan untuk mengurangi berat badan. Memang olah raga lari memicu pembakaran kalori didalam tubuh. Sedangkan berapa banyak kalori yang bisa dibakar tergantung pada kecepatan lari serta berapa jauh jarak yang ditempuh saat berlari.

Namun tentu saja tidak hanya faktor itu saja Sobat, banyak orang yang gagal menurunkan berat badannya setelah berlari. Mengapa demikian? ternyata untuk menurunkan berat badan tidak cukup dengan ber olahraga lari. Manfaat lari bagi kesehatan khususnya menurunkan berat badan akan optimal apabila memperhatikan faktor penting lainnya, salah satunya adalah asupan makanan yang seimbang (tidak makan melebihi dari kalori yang dibutuhkan).

Lari adalah salah satu jenis olahraga yang paling bersar membakar kalori. Berikut tabel pengeluaran kalori dari beberapa jenis olah raga :

No.
Jenis Olah Raga
Kalori/Jam
1
Golf (dengan troli)
180
2
Jalan 5 km/jam
280
3
Dansa
260
4
Tenis
350
5
Senam Aerobik
450
6
Bersepeda
450
7
Jogging 8,5 km/jam
500
8
Berenang (aktif)
500
9
Skipping (dengan tali)
700
10
Lari
700
Sumber :/mitrakeluarga.com

2. Manfaat Lari untuk Mengurangi Resiko Jantung Koroner

Dari berbagai sumber dapat diketahui jika manfaat lari bagi kesehatan tubuh diantaranya adalah mengurangi resiko jantung koroner.  Olah raga lari mampu membantu seseorang untuk memperbaiki berat badan yang berlebih dan sekaligus pula memperbaiki kadar lemak dalam darah dengan berperan dalam penurunan kadar kolesterol jahat dalam tubuh atau dikenal dengan LDL dan meningkatkan kadar kolesterol baik atau dikenal dengan HDL. Di samping itu, olah raga juga berperan dalam menurunkan kadar beberapa faktor pembekuan darah dan peradangan serta turut pula memperbaiki fungsi endotel (pelapis dinding pembuluh darah) yang berperan dalam pencegahan penyakit jantung koroner.

3. Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tulang dan Mencegah Osteoporosis

Selain bisa membakar lemak, dan menambah massa otot, olah raga lari ternyata juga turut merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang pinggul, tulang punggung, serta tulang kaki kita. Dengan demikian maka berlari secara rutin juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

4. Manfaat Lari Bagi Kesehatan Paru-Paru

Olah raga lari terutama yang dilakukan di pagi hari membuat kadar oksigen yang masuk ke dalam paru-paru lebih banyak. Lari merupakan aktivitas tubuh yang memicu untuk bernafas lebih kuat, sehingga masuknya oksigen dalam jumlah yang banyak ke dalam tubuh ini akan baik untuk kesehatan paru-paru.

5. Manfaat Lari untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat lainnya dari berlari adalah meningkatkan daya tahan tubuh kita. Pada saat kita berlari maka metabolism tubuh akan meningkat, dengan begitu akan memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh lebih cepat. Pembentukan sel-sel immune tersebut sangat baik untuk membantu tubuh kita manangkal serangan-serangan virus yang mencoba menyerang tubuh kita. Oleh karena itu, dengan kebiasaan lari pagi ini, immune tubuh anda semakin kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

6. Manfaat Lari untuk Meningkatkan Kesehatan Mental


Yang yang terakhir yang juga tidak boleh diremehkan adalah manfaat lari bagi kesehatan mental. Neurochemical telah merilis pernyataan bahwa olah raga lari dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Berlari juga mengurangi tingkat hormon stres

Bagaimana Sobat? Sudah tidak ada alasan lagi untuk males berolah raga bukan? Karena ternyata olah raga khususnya lari memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Demikian Sobat Sakuilmu, 6 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Semoga bermanfaat

Referensi :
http://mitrakeluarga.com/kalideres/olah-raga-dan-penyakit-jantung-koroner/
http://athletictraining.com


Loading...

0 komentar