Pidato Rekreatif, Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Pidato Rekreatif, Pengertian dan Cirinya | Sakuilmu.net - Pada artikel yang lalu kita sudah mengenal jenis-jenis pidato antara lain Pidato Instruktif, Pidato Rekreatif dan Pidato Persuasif. Pada kesempatan ini, Sakuilmu.net khusus akan membahas mengenai Pidato Rekreatif yang terdiri dari Pengertian Pidato Rekreatif, Cara menyusun Pidato Rekreatif dan Contoh Pidato Rekreatif.

1. Pengertian Pidato Rekreatif


Pidato Rekreatif adalah pidato yang dipergunakan untuk menghibur pendengar yang ada pada saat itu.Pidato Rekreatif tidak bertujuan untuk mempengaruhi khalayak ataupun tidak menyampaikan informasi berupa fakta, akan tetapi lebih bersifat entertain.

Alan H. Monroe menyebut  pidato rekreatif sebagai “the speech to entertain”, pidato untuk menghibur.
Pidato Rekreatif

2. Tujuan Pidato Rekreatif


Tujuan Pidato Rekreatif hanyalah menggembirakan, melepaskan ketegangan, menggairahkan suasana, atau sekedar memberikan selingan yang ringan setelah rangkaian acara yang melelahkan. Selama  Sobat menyampaikan hal-hal yang menarik perhatian pendengar, mengendurkas saraf mereka, dan membuat mereka santai dan gembira, maka anda sedang menyampaikan pidato rekreatif.

3. Ciri / Karakteristik Pidato Rekreatif

Ciri-ciri pidato rekreatif adalah :
a. Bersifat menghibur
b. Reaksi yang diinginkan adalah kegembiraan

4. Cara menyusun pidato rekreatif

Cara menyusun teks pidato rekreatif pada dasarnya sama dengan pidato lain. Adapun cara menyusun pidato rekreatif yang sebaiknya Sobat ketahui antara lain :
  • Tentukan maksud pidato. Dalam hal ini tentu saja maksud berpidato adalah membuat khalayak menjadi gembira.
  • Ketahui kondisi para pendengar dengan melakukan analisis secara cepat. Misalnya apabila pendengar pidato adalah korban bencana alam, maka Sobat harus mengetahui kondisi psikologi mereka
  • Pilih topik pidato yang sesuai. Misalnya tentang pentingnya kesabaran dalam menghadapi bencana
  • Kumpulkan berbagai bahan  pidato
  • Buat kerangka pidato

5. Contoh Pidato Rekreatif

Pidato dihadapan Korban Bencana

 Asalamu'alaikum Wr. Wb.
Kepada yang terhormat bapak Lasmansory selaku ketua rw
Yang terhormat bapak Iqbal Siregar selaku ketua rt
Dan saudara saudaru sekalian

Pertama tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita semua sehingga dapat berkumpul ke lapangan rt yang kita cintai ini.
Sebelumnya, saya turut berduka cita atas bencana tanah longsor yang telah melanda didaerah kita. Tak heran banyak kerugian yang tertelan oleh kejadian ini, namun yang pasti, kita harus tabah mengenai apa yang kita hadapi sekarang ini.
Saudara saudaraku,
Disini, Gubernur telah memberikan kita bantuan. Seperti tenda tempat pengungsian, obat-obatan, dan makanan yang cukup, bahkan tim penyelamat sekalipun. dan juga kita telah diberikan bantuan dari beberapa masyarakat dikawasan lain.
Saudara saudaraku,
Sekali lagi, kita berduka cita atas bencana alam yang telah melanda kita. Karena, bencana alam bukanlah sesuatu yang kita hendaki, namun itu sudah keputusan dari yang maha kuasa. Dan dari kejadian ini, telah mengingatkan kita untuk menjaga kelestarian alam, dan tidak menebang pohon sembarangan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa akar dari pohonlah yang menyerap air yang berlebih. Dengan demikian, untuk menghindari kejadian ini terulang lagi, nanti kita akan mengadakan tanam pohon di daerah kita yang masih gersang.

Saudara saudaraku,
Jangan kita merasa lelah dan berputus asa dari bencana ini, dan kita bisa memulai semuanya dari awal lagi, kita akan bekerja sama mencari korban korban lainnya, kita kumpulkan benda-benda yang masih berguna dan kita harus saling menjaga dan membantu satu sama lainnya. Namun, takperlu kita terlalu khawatir atas semuanya. Kita serahkan kepada yang diatas dan berdo’a semoga semua saudara kita dalam kondisi selamat, Amin. Demikianlah pidato yang saya sampaikan, semoga bermanfaat dan sedikit memberi ketenangan kepada saudara. Sekian. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pidato Rekreatif, Pengertian, Tujuan dan Contohnya"