Pidato, Pengertian, Ciri, Tujuan dan Jenis Pidato Yang Harus Kamu Tahu

Pidato, Pengertian, Ciri, Tujuan dan Jenis Pidato Yang Harus Kamu Tahu | Sakuilmu.net - Kita seringkali melihat baik secara langsung maupun melalui media telivisi dan video streaming seseorang yang menyampaikan pesan melalui pidato. Pesan-pesan yang disampaikan memiliki tujuan tertentu. Misalnya saja seorang calon pemimpin daerah yang sedang berkampanye didepan masyarakat untuk menyampaikan visi misinya serta janji-janji politik apabila dia terpilih menjadi seorang pemimpin. Tentu tujuannya adalah agar dirinya dipilih oleh masyarakat yang berkumpul dan mendengarkan pidatonya. Demikian pula pidato seorang kepala negara didepan kepala negara lain dalam pertemuan khusus, memiliki tujuan demi kebaikan negara yang ia pimpin.

Dari contoh-contoh tersebut diatas, kita dapat menyimpulkan mengenai berbagai jenis pidato dan berbagai tujuan serta ciri-ciri pidato. Kali ini sakuilmu akan mencoba membahas permasalahan pidato ini. Mulai dari Pengertian Pidato, Ciri-Ciri Pidato, Tujuan Pidato dan Jenis Pidato.

Ilustrasi Pidato

1. Pengertian Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pengertian Pidato dapat kita ketahui sebagai berikut :
  • Pengertian Pidato Adalah :  pengungkapan pikiran dl bentuk kata-kata yg ditujukan kpd orang banyak 
  • Pidato adalah wacana yg disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak 

2. Ciri Pidato

Setelah kita mengerti pengertian pidato, tentu kita akan bertanya-tanya. Apakah ciri-ciri pidato? Sebagai suatu kegiatan khusus, tentu pidato memiliki ciri khusus yang membedakan dengan kegiatan lain seperti ceramah misalnya.

Berdasarkan beberapa sumber dapat diketahui bahwa ciri pidato adalah sebagai berikut :
  • Merupakan jenis berbicara satu arah, dalam hal ini, orang lain berperan sebagai penyimak atau pendengar.
  • Seseorang yang berpidato akan terus berbicara tanpa disela oleh pendengarnya.
  • Masalah yang disampaikan biasanya materi pokok pikiran atau gagasan-gagasan yang dimilikinya (pada umumnya berisi materi politik, hukum maupun budaya dengan tujuan untuk memberikan informasi, mempengaruhi / mengajak atau sekedar menghibur)
  • Biasanya pidato dilakukan dalam acara-acara resmi.
  • Penyampaian pidato dapat dilakukan dengan cara bebas (secara langsung) dan ada yang mempergunakan teks.
Berbeda dengan pidato, ceramah yang juga dilakukan oleh seseorang didepan audiens bersifat pencerahan dan bukan mempengaruhi. Ceramah lebih banyak berupa menyampaikan informasi seputar etika, moral atau agama.

3. Ciri Pidato Yang Baik

Seseorang yang berpidato, dituntut untuk dapat menyampaikan gagasannya dengan baik sehingga informasi yang disampaikan dapat diterima oleh audiens. Adapun ciri pidato yang baik adalah sebagai berikut :

  • Tujuannya jelas
  • Isinya mengandung kebenaran
  • Cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar
  • Menciptakan susana yang efektif dengan pendengar
  • Penyampaiannya jelas dan menarik
  • Menggunakan intonasi, artikulasi, an volume yang jelas

4. Tujuan Pidato 

Seseorang yang berpidato tentu memiliki tujuan khusus yang ingin dicapai dari pendengarnya. Dengan mengetahui tujuan ia berpidato maka ia akan menyampaikan pidato sesuai dengan kaidah atau ciri pidato yang baik. Adapun tujuan pidato adalah sebagai berikut :

a. Untuk menginformasikan (to inform),
b. Untuk menghibur (to entertain),
c. Untuk membujuk, merayu dan mempengaruhi (to persuade).

5. Jenis - Jenis Pidato

Berdasarkan informasi tujuan pidato, maka pidato secara umum dapat dibagi dalam beberapa jenis. Jenis-jenis pidato yang dapat kamu ketahui antara lain :

a. Pidato Intruktif

Pidato Instruktif adalah pidato yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan berita atau informasi penting kepada pendengar. Contohnya: Pidato Kenegaraan.

b. Pidato Rekreatif

Pidato Rekreatif adalah pidato yang dipergunakan untuk menghibur pendengar yang ada pada saat itu. Contohnya: Pidato pada aat perayaan pesta ulang tahun.

c. Pidato Persuasif

Pidato Persuasif adalah pidato yang bertujuan mempengaruhi pendengar. Contohnya: Pidato Kampanye.

Demikian Sobat Sakuilmu, informasi mengenai pidato yang terdiri dari Pengertian Pidato, Ciri Pidato, Ciri Pidato Yang Baik dan Tujuan Pidato serta Jenis- Jenis Pidato. Semoga menambah wawasan Sobat Sakuilmu tentang Pidato. Sampai jumpa pada artikel lainnya.
Loading...

0 komentar