Metode Pidato Yang Harus Kamu Ketahui

Metode Pidato Yang Harus Kamu Ketahui | Sakuilmu.net - Dalam artikel pidato yang lalu, Sobat sudah mengenal pengertian pidato, ciri-ciri pidato, tujuan serta jenis pidato yang umum dilakukan. Sebagai seorang yang memiliki gagasan, tentu kita ingin gagasan kita diterima oleh banyak orang. Salah satu langkah untuk menyampaikan gagasan tersebut adalah dengan melakukan pidato.

Agar gagasan kita benar-benar ditangkap/dimengerti serta pada akhirnya dapat diterima oleh orang banyak, tentu dalam pidato kita harus memperhatikan cara berpidato atau metode berpidato dengan baik dan benar.  Adapun ciri-ciri pidato yang baik antara lain :
  • Tujuannya jelas
  • Isinya mengandung kebenaran
  • Cara penyampaiannya sesuai dengan pendengar
  • Menciptakan susana yang efektif dengan pendengar
  • Penyampaiannya jelas dan menarik
  • Menggunakan intonasi, artikulasi, an volume yang jelas
Metode Pidato

 Baca Juga : Ciri Teks Pidato Persuasif

Metode Pidato Yang Harus Kamu Ketahui

Dalam berpidato untuk menyampaikan gagasan, terdapat berbagai metode. Metode berpidato tersebut lumrah dilakukan oleh setiap orang di dunia ini. Metode ini disesuaikan dengan jenis pidato yang ia sampaikan.

Adapun metode pidato yang dimaksud adalah sebagai berikut :

a. Metode Pidato Impromptu

Dalam situs dictionary.com disebutkan bahwa arti Impromptu adalah "made or done without previous preparation" yang artinya antara lain melakukan atau membuat sesuatu tanpa persiapan sebelumnya.

Demikian pula dalam hal metode pidato. Metode Pidato Improptu berarti berpidato dengan cara spontanitas tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu (Improvisasi)

b. Metode Pidato dengan Menghafal


Metode menghafal dalam pidato berarti seorang yang akan berpidato menuliskan teks pidatonya kemudian menghafalkan teks tersebut. Sehingga saat melakukan pidato didepan khalayak sudah tidak menggunakan teks lagi.

c. Metode Pidato dengan Membaca Naskah


Berbeda dengan menghafal, pidato dengan cara ini dilakukan dengan menuliskan gagasan pidatonya dalam suatu teks naskah dan membacanya ketika berpidato didepan audiens. Dalam hal ini persiapan dalam berpidato adalah dengan menuangkan ide-ide / materi pidato dalam naskah tanpa perlu dihafalkan.

d. Metode Pidato Ekstemporan


Hampir sama dengan metodi impromptu, metode pidato ini dilakukan dengan menuliskan uraian pembicaraan / naskah pidato dalam kerangka pokok nya saja. Kemudian dikembangkan dalam pidato didepan khalayak.

Demikian Sobat Sakuilmu, metode pidato yang harus kamu ketahui.  Kira-kira kamu suka metode pidato yang mana? Selamat mencoba

Loading...

0 komentar