Alat Musik Melodis, Pengertian dan Contohnya

Alat Musik Melodis, Pengertian dan Contohnya | Sakuilmu.net - Alat musik merupakan hasil karya seni manusia berupa instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk menghasilkan suara dengan cara tertentu dan dapat diatur oleh musisi. Pada umumnya alat musik dibedakan menjadi alat musik ritmis, alat musik melodis dan alat musik harmonis.
Pada kesempatan ini, kita akan mengenal lebih jauh mengenai alat musik melodis, baik pengertian alat musik melodis sampai dengan mengenal contoh alat musik melodis baik yang sifatnya tradisional maupun modern.

Baca Juga: Pengertian Alat Musik Ritmis dan Contohnya

 

Alat Musik Melodis

a. Pengertian Alat Musik Melodis


Alat musik melodis adalah alat musik yang biasanya membunyikan melodi pada suatu lagu, pada umumnya alat musik ini tidak bisa memainkan kord secara sendirian. Definisi alat musik melodis diatas dapat pula berarti bahwa alat musik melodis tersebut merupakan alat musik yang memiliki irama atau nada, dan fungsi alat musik melodis adalah mengatur nada sebuah lagu.

Pada saat ini kita bisa dengan mudah menemukan berbagai alat musik alat musik melodis baik yang sifatnya alat musik tradisional maupun alat musik modern. Alat musik tradisional ini banyak digunakan oleh masyarakat setempat sejak zaman dulu secara turun temurun, sedangkan alat musik modern adalah alat musik yang datang dari luar daerah dan biasanya telah mendapatkan sentuhan teknologi.

Setelah kita mengenal definisi atau pengertian alat musik melodis, dibawah ini kita akan mengenal contoh alat musik melodis, berupa instrumen / alat musik tradisional maupun modern beserta gambar dan penjelasannya.

b. Contoh Alat Musik Melodis


Contoh alat musik melodis berdasarkan cara memainkannya adalah sebagaimana daftar dibawah ini:
  • Alat musik melodis yang dipetik, contohnya seperti kecapi, mandolin, gitar, dan sasando.
  • Alat musik melodis yang ditiup, contohnya seperti seruling dan pianika.
  • Alat musik melodis yang ditekan, contohnya seperti akordion dan piano.
  • Alat musik melodis yang digoyang, contohnya seperti angklung.
  • Alat musik melodis yang digesek, contohnya seperti biola.
  • Alat musik melodis yang dihisap, contohnya seperti harmonika.

Alat musik melodis tradisional

1. Kecapi 

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang dipetik dan banyak ditemukan diberbagai daerah di Indonesia seperti di Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Jakarta dan Yogyakarta), Kalimantan dll. Adapun bentuk alat musik melodis yang dipetik ini berbeda-beda antar daerah.

2. Sasando
Sasando adalah alat musik berdawai yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.
3. Mandolin
Mandolin adalah sebuah alat musik petik tradisional yang mempunyai senar dan dimainkan seperti biola. Sering dipakai untuk mengiringi tari rudat dan lagu-lagu tradisional. Alat musik ini dapat dipadukan dengan alat musik lainnya untuk mengiringi lagu tradisional.
Mandolin | gambar : id.wikipedia.org
4. Seruling
Suling adalah alat musik melodis dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik. Sedangkan seruling modern biasanya dibuat dari perak, emas atau campuran keduanya.
5. Akordion
Akordeon adalah alat musik sejenis organ. Akordeon ini relatif kecil dan dimainkan dengan cara digantungkan di badan. Akordeon ditemukan oleh C.F.L. Buschmann dari Berlin, Jerman. Namun demikian alat musik melodis yang dibunyikan dengan memainkan tombol-tombol akor dengan jari-jari tangan kiri, sedangkan jari-jari tangan kanannya memainkan melodi lagu yang dibawakan ini banyak digunakan pada musik melayu.

6. Angklung
Angklung adalah alat musik melodis tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Angklung dibunyikan dengan cara digoyang. Alat musik ini terbuat dari bambu.

Alat musik melodis modern

1. Gitar
Gitar adalah salah satu contoh alat musik melodis modern yang dibunyikan dengan cara dipetik dengan jari maupun spektrum.

2. Pianika
Melodika atau pianika adalah alat musik tiup kecil yang dimainkan dengan tiupan langsung atau memakai pipa lentur yg dihubungkan ke mulut. Pianika merupakan contoh alat musik melodis modern.
 
Demikian Sobat Sakuilmu, artikel mengenai alat musik melodis, serta beberapa contoh alat musik melodis baik alat musik melodis tradisional maupun modern.

Referensi :
1. www.tradisikita.my.id
2. id.wikipedia.org
Loading...

0 komentar