Alat Musik Harmonis, Pengertian dan Contohnya

Alat Musik Harmonis, Pengertian dan Contohnya | sakuilmu.net - Jika pada kesempatan yang lalu kita sudah mengenal pengelompokan alat musik berdasarkan fungsinya yaitu alat musik ritmis dan alat musik melodis. Pada kesempatan ini kita akan mengenal satu lagi yaitu alat musik harmonis.

Namun sebelum kita melangkah lebih jauh, ada baiknya kita review lagi pengertian masing-masing alat musik ritmis dan alat musik melodis.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki tinggi nada, akan tetapi hanya memiliki perbedaan tinggi bunyi untuk mengeluarkan irama. Fungsi alat musik ritmis yang memiliki nada yang tetap adalah mengatur tempo lagu. Sedangkan alat musik melodis  merupakan alat musik yang memiliki irama atau nada, dan fungsi alat musik melodis adalah mengatur nada sebuah lagu. pada umumnya alat musik melodis  tidak bisa memainkan kord secara sendirian. Lalu apa pengertian atau definisi alat musik harmonis?


Alat musik Harmonis

a. Pengertian Alat Musik Harmonis

Alat musik harmonis adalah alat musik yang digunakan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alat musik ini biasa memainkan harmoni, maka ciri-cirinya yaitu dapat memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan

Kata kunci dari alat musik harmonis adalah bisa memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Sedangkan fungsi dari alat musik harmonis ini adalah untuk memperindah suatu lagu dan menjadi musik pengiring dari melodi sebuah lagu. Lalu apa saja contoh alat musik harmonis ini?
 

b. Contoh Alat Musik Harmonis

Contoh alat musik harmonis ini cukup banyak, bahkan sebuah alat musik bisa berfungsi sebagai alat musik melodis maupun harmonis seperti gitar, piano, sasado dll. Selain contoh alat musik harmoni tadi masih ada contoh -contoh alat musik harmoni lainnya antara lain :

1. Rebab
Rebab adalah alat musik tradisional yang memiliki senar dan telah ada sejak dari abad ke 8. Alat musik rebab menyebar melalui jalur-jalur perdagangan Islam yang lebih banyak dari Afrika Utara, Timur Tengah, bagian dari Eropa dan Timur Jauh.

Beberapa macamnya sering mempunyai tangkai pada bagian bawah agar alat musik ini bisa bertumpu di tanah dan dengan demikian disebut rebab tangkai di daerah tertentu, Tetapi ada jenis yang dipetik seperti kabuli rebab (kadang-kadang disebut sebagai robab atau rubab).


2. Siter dan Celempung

Siter dan celempung adalah alat musik petik di dalam gamelan Jawa. Ada hubungannya juga dengan kecapi di gamelan Sunda. 

Siter dan celempung masing-masing memiliki 11 dan 13 pasang senar, direntang kedua sisinya di antara kotak resonator. Ciri khasnya satu senar disetel nada pelog dan senar lainnya dengan nada slendro. Umumnya sitar memiliki panjang sekitar 30 cm dan dimasukkan dalam sebuah kotak ketika dimainkan, sedangkan celempung panjangnya kira-kira 90 cm dan memiliki empat kaki, serta disetel satu oktaf di bawah siter. Siter dan celempung dimainkan sebagai salah satu dari alat musik yang dimainkan bersama (panerusan), sebagai instrumen yang memainkan cengkok (pola melodik berdasarkan balungan). Baik siter maupun celempung dimainkan dengan kecepatan yang sama dengan gambang (temponya cepat). 


3. Harmonika

Harmonika adalah salah satu alat musik tiup. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama 'Sheng'

Demikian Sobat Sakuilmu, informasi mengenai Alat musik harmonis berupa pengertian alat musik harmonis dan contoh-contoh alat musik harmonis. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Referensi :
 
Loading...

0 komentar