6 Jenis Senam dan Penjelasannya

6 Jenis Senam dan Penjelasannya - sakuilmu.net | Senam merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia. Bahkan olahraga ini termasuk olahraga wajib yang dilakukan oleh sekolah, organisasi ataupun perusahaan. Umumnya olahraga senam ini dilakukan pada hari krida seperti hari Jumat atau hari Sabtu. Tidak jarang pula olahraga senam ini dilakukan ditempat umum atau mall mall pada hari minggu. Kemudahan dan manfaat yang didapat dari olahraga senam ini menjadi faktor sehingga olahraga ini menjadi cukup populer.

Sebelum mengenal jenis-jenis senam yang ada saat ini, ada baiknya kita mengenal pengertian senam menurut para ahli berikut ini :

1. Pengertian Senam Menurut Ahli


Berikut ini beberapa pengertian senam menurut para ahli :
  • Imam Hidayat (1982:2) menyatakan bahwa Senam merupakan suatu latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan sengaja dan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.
  • Agus Mahendra (2001:2) menyatakan bahwa Senam adalah suatu latihan tubuh yang dipilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana, disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan Keterampilan dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.

2. Jenis-Jenis Senam 

Saat ini olahraga senam sangat populer dan banyak dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan, mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Olahraga senam ini bisa dilakukan dimana saja, baik didalam maupun diluar ruangan. Namun tahukah Sobat bahwa senam yang dilakukan oleh masyarakat berbeda? Memang saat ini ada jenis-jenis senam baik yang populer maupun yang kurang populer dilakukan oleh masyarakat umum.

Dan dibawah ini adalah jenis-jenis senam yang ada dikenal :

a. Jenis Senam Artistik (Artistic Gymnastic)

Senam Artistik merupakan  senam yang  memiliki gerakan yang cepat dan Eksplosif, pada umum nya Senam ini menonjolkan gerakan kelentukan dan keseimbangan dengan gerakan yang relatif lambat dan terkontrol yang akan menghasilkan gerakan yang indah dan mengejutkan bagi semua yang melihat.

b. Jenis Senam Akrobatik ( Acrobatic Gymnastic) 

Senam Akrobatik ini merupakan jenis senam yang sangat mengandalkan Kelentukan dan Keseimbangan dan memiliki gerakan yang cepat dan Eksplosif, senam ini banyak biasanya memiliki gerakan-gerakan yang berbahaya seperti Salto dan putaran sehingga untuk melakukan senam akrobatik ini sangat dianjurkan didampingi oleh Instruktur senam Akrobatik.

c. Jenis Senam Ritmik Sportif (Sportive Ritmik Gymnastic)

Senam Ritmik ini adalah  Senam yang dilakukan dengan mengikuti tuntunan musik tertentu sehingga senam ini akan menghasilkan gerakan tubuh yang indah, biasanya senam ritmik ini menggunakan peralatan seperti pita agar menambah keindahan gerak pesenam.

d. Jenis Senam Aerobik ( Sport Aerobic)

Senam Aerobik adalah senam yang memiliki serangkaian gerak yang telah dipadukan dengan Irama Musik yang telah dipilih dengan durasi tertentu, Aerobik duga mengandung pengertian suatu sistem latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pemasukan Oksigen di dalam jaringan tubuh, karena pemasukan Oksigen didalam tubuh kita ditentukan oleh kapasitas maksimal Paru-paru saat mengirup udara. Bagi Sobat yang ingin menjaga kesehatan Jantung dan Paru-paru maka lakukanlah senam Aerobik ini secara teratur.  

e. Jenis Senam Trampolin ( Trampolinning) 

Senam Trampolin adalah pengembangan dari suatu latihan senam yang dilakukan diatas trampolin, yaitu dengan menggunakan sejanis pemantul yang memiliki daya pantul yang sangat besar.

 f. Jenis Senam Umum (General Gymnastic) 

Senam Umum ini merupakan segala jenis senam diluar senam yang telah saya cantumkan diatas.
 
Senam umum inilah yang banyak dilakukan di Indonesia. Salah satunya jenis senam yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia yaitu Senam Kesegaran Jasmani atau disingkat dengan SKJ dan Senam Pagi Indonesia (SPI). 

Senam Kesegaran Jasmani atau sering disingkat dengan SKJ adalah merupakan jenis senam massal yang diwajibkan oleh pemerintah Indonesia. Senam ini biasanya diiringi oleh lagu berirama dari berbagai provinsi yang diaransemen ulang dan biasanya dilakukan oleh sekelompok peserta besar. SKJ biasa dilakukan di tempat-tempat umum di Indonesia di hari-hari tertentu dalam satu minggu, yaitu hari Jumat pagi. Senam ini beserta musik yang mengiringinya menjadi sangat populer pada tahun '80-an dan '90-an saat masa pemerintahan Orde Baru.
Sedangkan Seri Senam Pagi Indonesia (SPI) diperkenalkan di akhir '70-an dengan SPI seri A, B, C, dan D untuk anak-anak sekolah. Senam Kesegaran Jasmani diperkenalkan pada awal 1984 berdasarkan Surat Perintah Menpora untuk diajarkan ke seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Adapun pengembangan dari kedua senam diatas sangat pesat sehingga dikenal pula beberapa senam seperti SKJ 84, SKJ 88, SKJ 92, SKJ 94, SKJ usia SD 96, Senam Sajojo, Senam Poco Poco, Senam Kubro Siswo, Senam Ayo Bersatu Beni dan Senam Lansia serta senam-senam lainnya yang dikembangkan oleh pemerintah daerah dari berbagai provinsi di Indonesia

Demikian Sobat sakuilmu, sedikit ulasan mengenai jenis-jenis senam beserta penjelasannya, semoga bermanfaat bagi Sobat sakuilmu semua. Ayoo kita mulai senamnya !! :D

Loading...

0 komentar