4 Unsur Seni Tari Yang Wajib Ada

4 Unsur Seni Tari yang Wajib Ada | sakuilmu.net - Pengertian Seni Tari secara umum merupakan gerak tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan pergaulan, mengungkapkan perasaan, maksud, dan pikiran. Seni Tari memiliki setidaknya 4 unsur pokok selain unsur lainnya yang merupakan penunjang dari pertunjukan seni tari yang ada saat ini.

4 Unsur Seni Tari yang wajib ada dalam sebuah tarian tersebut adalah :

1. Unsur Seni Tari - Gerak atau Wiraga

Gerak merupakan unsur paling pokok dalam seni tari. Bisa dibilang gerak adalah Unsur Seni Tari yang paling wajib ada dalam seni tari yaitu meliputi gerak tubuh dari kaki sampai kepala,gerak yang ditata untuk disesuaikan dengan karakter tokoh yang dibawakan oleh penari.

2. Unsur Seni Tari - Irama atau Wirama

Unsur selanjutnya yang harus / wajib ada dalam sebuah seni tari adalah Irama (Wirama). Unsur Seni Tari Irama atau Wirama membantu penari dalam mengatur gerak dan menguatkan gerak dalam sebuah karya seni tari. Irama biasanya dibentuk oleh alat musik (baik alat musik tradisional, maupun modern) dan irama yang disusun tersebut harus disesuaikan dengan karakter tokoh yang dibawakan oleh penari.

3. Unsur Seni Tari - Perasaan atau Wirasa

Unsur Seni Tari selanjutnya dapat menjelaskan ekspresi perasaan,seperti marah,sedih,senang sesuai karakter tokoh yang dibawakan dalam sebuah seni tari adalah merupakan unsur Perasaan atau Wirasa. Sama seperti unsur wajib lainnya, unsur seni tari Wirasa ini mutlak harus dimiliki oleh seorang penari profesional.

4. Unsur Seni Tari - Wujud atau Wirupa

Rupa atau tampilan tarian harus dapat menjelaskan karakter tokoh yang dibawakan. Wujud atau Wirupa tersebut dapat diwujudkan melalui penataan busana dan tata rias penari. Wujud atau Wirupa tersebut merupakan salah satu unsur seni tari yang wajib ada dan melengkapi sebuah seni tari.

Demikian Sobat sakuilmu, artikel mengenai 4 Unsur Seni Tari yang wajib ada. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi Sobat sakuilmu dimana saja berada.
Loading...

0 komentar