Pengertian Seni Rupa

Pengertian Seni Rupa | sakuilmu.net - Sobat Sakuilmu, kita sering mendengar istilah-istilah seni dan seni rupa. Namun adakah dari Sobat dapat menyebutkan pengertian seni ataupun pengertian seni rupa tadi? Pada artikel lain diblog sakuilmu.net, kita telah membahas mengenai seni, antara lain :
  1. Pengertian Seni dan Budaya
  2. Pengertian dan contoh seni rupa 3 dimensi
  3. Pengertian dan contoh seni rupa 2 dimensi
  4. Pengertian dan contoh seni rupa murni
  5. Pengertian seni kriya, fungsi, jenis dan contohnya.

Rasanya ada yang terlewat jika kita belum membahas mengenai Pengertian Seni Rupa itu sendiri. Nah pada artikel ini diharapkan Sobat bisa mengenal pengertian seni rupa.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika. 

Pada waktu yang lalu, kita sudah dapat membedakan bentuk seni menjadi 3 yaitu :
  1. Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran atau (audio art), misalnya seni musik,seni suara, dan seni sastra seperti puisi dan pantun
  2. Seni yang dinikmati dengan media penglihatan (Visual art)) misalnya lukisan, poster,seni bangunan, seni gerak beladiri dan sebagainya.
  3. Seni yang dinikmati melalui media penglihatan dan pendengaran (audio visual art) misalnya pertunjukan musik, pagelaran wayang,film
Nah kira-kira, seni rupa masuk pada bentuk seni yang mana?

Pembagian Seni Rupa


Dilihat dari fungsinya, seni rupa dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Pembagian seni diatas adalah berdasarkan fungsinya, sedangkan pembagian seni rupa berdasarkan wujud dan bentuknya, seni rupa dibedakan menjadi 2 juga yaitu :
 
Contoh seni rupa 3 dimensi (Patung Ikan Jl. BKR Bandung)
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya ke dalam bahasan visual arts.seni rupa terbagi menjadi dua bagian yakni senirupa murni dan senirupa terapan.

Demikian Sobat sakuilmu.net, pengertian seni rupa yang bisa kita ketahui. Semoga menambah wawasan Sobat semua... Salam sukses.

Sumber :
Loading...

0 komentar