Pengertian Seni Rupa Terapan dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa Terapan dan Contohnya | sakuilmu.net - Hai Sobat Sakuilmu yang berbahagia.. bertemu lagi dengan artikel mengenai seni dan budaya. Kita sudah mengenal beberapa istilah mengenai seni, antara lain Pengertian Seni dan Budaya serta Pengertian Seni Rupa dan tentu saja Pembagian Seni Rupa itu sendiri.

Berdasarkan fungsinya, seni rupa dibagi kedalam seni rupa murni dan seni rupa terapan. Untuk Seni rupa murni sobat bisa membaca artikel sakuilmu.net : Pengertian dan Contoh Seni Rupa Murni. Kali ini kita akan mengupas masalah seni rupa terapan. Apakah Sobat sudah tahu definisi seni rupa serapan? Sejarah seni rupa terapan, jenis seni rupa serapan dan contoh seni rupa terapan? Ayo kita bahas satu persatu Sobat!

1. Pengertian Seni Rupa Terapan


Seni rupa terapan atau applied art adalah karya seni rupa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mana mengandung nilai fungsi tertentu di samping nilai seni yang dimilikinya. Dalam hal fungsi ini, seni rupa terapan lebih mementingkan fungsi kegunaan dibandingkan fungsi keindahan atau artistiknya.

Seperti yang telah kita ketahui pada artikel Pengertian Seni Rupa, bahwa seni rupa berdasarkan fungsinya dibedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan. Seni rupa murni merupakan proses penciptaan karya seni yang menitik beratkan pada fungsi estetis. Sedangkan seni rupa terapan menitikberatkan pada fungsi praktik.

Fungsi estetis adalah fungsi yang semata-mata ditujukan sebagai benda hias misalnya, karya batik atau tenun yang dibuat khusus untuk hiasan dinding, benda kerajinan, topeng, dan vas bunga. Sedangkan fungsi praktis adalah karya seni yang tujuan pokok pembuatannya ditujukan sebagai benda pakai misalnya, perabotan rumah tangga, meja, kursi dan tekstil.

2. Contoh Seni Rupa Terapan

 Berikut  ini beberapa contoh karya seni rupa terapan :

1. Arsitektur

Arsitektur tentu saja tidak hanya digunakan sebagai hiasan saja. Tetapi juga digunakan dalam banyak hal terutama tempat tinggal. Adapula bidang arsitektur yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara keagamaan, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, bisnis, dan masih banyak lagi.

2. Pakaian

Pakaian merupakan benda yang paling sering kita pakai dan merupakan hal yang paling menonjol dari kita selain penampilan tubuh. Maka dari itu, memilih pakaian juga harus yang bagus dan cocok dengan kondisi tubuh kita. Nah, itu sudah berarti bahwa pakaian juga memiliki arti seni dan termasuk dalam seni rupa terapan.

3. Poster

Poster adalah salah satu karya seni grafis pada sebuah kertas berukuran besar yang biasanya memuat gambar dan huruf. Poster harus memiliki unsur seni supaya menarik perhatian banyak orang. Disamping itu, poster juga memiliki nilai kegunaan yaitu untuk mempromosikan sesuatu atau mengajak untuk berbuat sesuatu.

4. Alat Transportasi

Alat transportasi kini semakin canggih, cepat, dan modern. Ini disebabkan karena persaingan yang semakin ketat. Selain kegunaannya, alat transportasi juga mengandung unsur seni. Biasanya alat-alat transportasi sekarang menggunakan seni modern.

5. Senjata Tradisional

Di beberapa tempat, senjata tradisional masih digunakan. Biasanya senjata tradisional ini digunakan untuk berburu. Senjata tradisional pun mengandung unsur seni yang berbeda-beda sehingga memiliki ciri khas pada setiap jenisnya. 


6. Peralatan Rumah

Peralatan atau perabotan rumah tangga memiliki beragam fungsi. Contohnya kursi, meja, lemari, tempat tidur, dan lain-lain. Selain itu, untuk membuat rumah menjadi semakin indah sehingga pemiliknya betah, maka peralatan rumah tersebut diberikan unsur seni yang sesuai dengan kesukaan pemilik rumah tersebut.

7. Peralatan Dapur

Peralatan dapur pada jaman dahulu memiliki nilai seni yang tinggi disamping kegunaannya. Seringkali peralatan dapur diberi ornamen sehingga lebih indah.

8. Peralatan Makan

Peralatan makanan seperti sendok, garpu, piring, dan gelas juga telah diberikan sentuhan seni. Bahkan ada yang terbuat dari bahan yang mahal seperti perak.

Demikian Sobat tradisi, pengertian seni rupa terapan dan contohnya. Semoga artikel pendek ini bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Sobat sakuilmu semua. 

Sumber :
1. id.wikipedia.org
2. http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/01/7-contoh-seni-rupa-terapan.html
Loading...

0 komentar