10 Variasi Olah Raga Bola Voli

10 Variasi Olah Raga Bola Voli | sakuilmu.net - Bola Voli atau Volleyball adalah cabang olah raga yang cukup populer khususnya di negara Indonesia. Dari Kampung hingga ke kota, olah raga yang satu ini selalu menjadi pusat perhatian masyarakat.


Seiring dengan perkembangan zaman, permainan bola voli memiliki berbagai macam variasi baik itu dalam permainannya,aturannya atau pemainnya. Kali ini sakuilmu.net akan berbagi macam - macam permainan yang sejenis permainan bola voli, baik itu yang sudah resmi diakui maupun belum.


1. Bola Voli Indoor

Bola voli indoor adalah permainan yang sebenarnya atau original, dimainkan oleh 12 orang yang terbagi menjadi 2 regu di dalam sebuah lapangan berukuran 18 m x 9 m, dipisahkan dengan sebuah jaring/net setinggi 2,43m untuk putra dan 2,24m untuk putri. Bola yang dipegunakan memiliki keliling lingkaran 65 hingga 67 cm, dengan berat 260 hingga 280 gram. Tekanan dalam dari bola tersebut hendaknya sekitar 0.30 hingga 0.325 kg/cm2 (4.26-4.61 psi, 294.3-318.82 mbar atau hPa). 

Aturan permainan dari bola voli indoor adalah, jika pihak musuh bisa memasukkan bola ke dalam daerah kita maka kita kehilangan bola dan musuh mendapatkan nilai. Serve yang kita lakukan harus bisa melewati net dan masuk ke daerah musuh. Jika tidak, maka musuh akan mendapat nilai.

Olahraga ini sudah mengalami perkembangan dan beberapa kali perubahan aturan permainan. Baik dalam sistem penilaian maupun penggunaan seragam tim. Demikian pula dengan posisi pemain didalam lapangan. Saat ini didalam permainan bola voli lebih dikembangkan pada spesialisasi posisi seorang pemain. Hal ini dilakukan agar sebuah tim dapat memiliki pola pertahanan dan serangan yang lebih efektif dan efisien.

Baca selengkapnya : Peraturan Dasar Bola Voli

2. Voli Pantai

Voli pantai adalah variasi dari bola voli, yang dimainkan di atas pasir. Dua tim yang dipisahkan oleh jaring memukul bola voli menggunakan lengan atau tangan. Para pemain berusaha untuk memukul bola melawati atas jaring agar memasuki lantai di daerah lawan, serta harus mencegah bola jatuh di daerah mereka sendiri.

Voli pantai populer sebagai aktivitas rekreasi di tempat-tempat yang memiliki pantai berpasir yang luas, namun sering juga dimainkan di lapangan pasir yang bukan di pantai. Bahkan, olahraga ini populer di beberapa negara yang tidak berbatasan dengan laut, seperti Swiss. 

Olahraga voli pantai ini termasuk olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade, dan badan tertingginya adalah Fédération Internationale de Volleyball. Menurut peraturan resmi, voli pantai menggunakan dua orang dalam satu tim. Voli pantai berawal dari sebuah kota yang bernaman Santa Monica, yang terletak di wilayah California, permainan bola voli pantai pertama kali dimulai pada tahun 1920-an.

Baca Selengkapnya : Sejarah Voli Pantai

3. Bola Voli Mini

Bola voli mini adalah modifikasi dari permainan bola voli standar yang mengembangkan peraturan-peraturan agar menarik dan lebih mudah dipahami serta ditujukan untuk siswa sekolah dasar. Bola vol­­­i mini dikhususkan untuk anak-anak usia 9 sampai 13 tahun. Permainan Bola voli mini di desain untuk 4 orang pemain untuk setiap tim. Artinya, four versus four, yang di mainkan pada lapangan dengan ukuran, panjang 12 meter dan lebar lapangan 5,5 meter.

Bola Voli merupakan olah raga yang populer tidak hanya di Indonesia, akan tetapi di dunia. Banyak sekali anak-anak diberbagai negara yang tertarik akan permainan ini. Para remaja inilah yang akan dapat meningkatkan jumlah pemain aktif dan pribadi yang menarik. Juga sangat penting untuk menyusun teknik dasar penguasaan kontrol bola pada usia dini, sebagai seorang atlit muda akan lebih mudah mempelajari ketrampilan dasar itu.

Bola voli mini adalah cara terbaik untuk mempelajari ketrampilan dasar. Dengan cara ini tiap pemain lebih banyak menyentuh bola dan ukuran tempat bermain lebih kecil selaras bagi dasar ketrampilan ini.

Anak-anak ukurang dari 12 tahun dapat ikut bermain voli. Dengan ikut bermain mereka akan mendapat kesempatan untuk mengembangkan pehatiannya pada olahraga itu kendati nilai pedagogis yang akan membimbingnya untuk menemukan dan menghargai bola voli biasa dan mereka akan menyukainya seumur hidupnya baik sebagai pemain maupun penonton.

Dengan bermain bola voli mini anak-anak akan dapat ikut serta dalam bola voli biasa dengan prasyarat mekanis yang optimal sehingga mencakup keseluruhan rangkaian gerak dan reaksi. Anak-anak cepat memahami teknik dan taktik elementer bola voli. Mereka memperoleh kemampuan pokok bagi olahraga seperti: ketangkasan, ketrampilan, kemampuan melompat, tanggapan yang cepat serta mereka bisa mempelajari itu semua sewaktu mereka memainkannya.

Umumnya peraturan bola voli mini sama dengan peraturan bola voli biasa, hanya terdapat beberapa hal yang diterapkan demi kebutuhan dan kemampuan para pemula muda, maka peraturan bola voli mini disederhanakan sebagai berikut:

  • Dua regu masing-masing terdiri dari 3 pemain dan 2 pengganti
  • Lapangan bola voli mini berukuran lebar 4,5 m dan panjang 12 m. 
  • Tinggi net bola voli mini (jaring) 2,10 m bagi tim putra maupun putri. Bola sesuai dengan kreteria yang tertera pada peraturan biasa hanya lebih ringan (± 200 gram). 
Bola voli mini bukan hanya dipergunakan sebagai perkenalan pada bola voli bagi para pemula muda, tapi juga cocok untuk para pemula dewasa (dengan sedikit perubahan pada peraturannya, umpamanya mengenai tinggi net) dan lain sebagainya.

4. Foot volley


Foot volley berasal dari Brazil, tepatnya di Rio de Jeneiro di pantai Copacabana. Saat itu di sana ada larangan untuk bermain sepakbola, lalu orang-orang membuat sebuah opsi untuk bermain bola voli tetapi tidak menggunakan tangan melainkan dengan kaki.

Pada umumnya pertandingan-pertandingan footvolley menggunakan tiga set, dan poin yang harus dicapai adalah 15 poin (dengan set ketiga 11 poin). Peraturan tentang lapangannya adalah berukuran 8 meter x 16 meter, tinggi jaring adalah 2,2 meter untuk pertandingan footvolley laki-laki.

Secara keseluruhan peraturan dalam footvolley adalah sama dengan peraturan voli pantai, yang membedakan hanyalah dalam footvolley, dalam memvoli bola tidak menggunakan tangan, melainkan dengan menggunakan kaki.

5. Newcomb Volleyball


Newcomb volleyball bisa dikategorikan sebagai permainan permulaan bola voli. Permainan ini memiliki semua elemen yang terdapat dalam peraturan permainan bola voli kecuali dalam hal memvoli bola.

Cara memainkan permainan ini adalah dengan melempar bola, dan seterusnya sampai melewati net. Newcomb dianggap sebagai sumber dari konsep-konsep dalam peraturan bola voli. Dua tim terdiri dari 6-9 pemain saling berhadapan di dalam sebuah lapangan yang dibatasi garis dan dipisahkan oleh net.

Cara memulai permainannya adalah dengan melempar bola untuk dapat melewati net dari garis belakang. Setelah itu pihak lawan akan menangkap bola itu lalu melemparkannya kembali melewati net dari titik dimana dia menangkap bola tersebut. Poin akan diberikan jika lawan gagal menangkap bola di mana bola jatuh di wilayah permainannya, atau bola jatuh di luar lapangan tetapi sempat tersentuh atau mengenai anggota tubuh dari pemain lawan. Permainan akan berakhir setelah salah satu tim mendapatkan 15 poin.

6 Hoover Ball

Hoover ball adalah kombinasi antara tennis dan volley ball dengan menggunakan medicine ball. Penemunya adalah staf kesehatan Gedung Putih, Amerika Serikat yang tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan Presiden Hoover.

Hoover ball dimainkan secara beregu yang setiap regu terdiri 2-4 pemain dengan menggunakan medicine ball seberat 6 pon. Lapangan yang digunakan sama dengan lapangan tennis dengan tinggi net 8 kaki.

Sedangka skor pertandingan sama dengan tennis, cara bermainnya adalah diawali dengan servis dengan cara melemparkan medicine ball tersebeut, lalu lawan harus menangkapnya dalam keadaan bola melayang, jika bola gagal ditangkap lalu jatuh di daerah permainannya maka poin akan diberikan, permainan ini dilakukan selama 5-7 game/set.

7. Bola Voli Campuran


Permainan bola voli campuran merupakan salah satu dari berbagai macam variasai dalam permainan bola voli yang mana mencampurkan pemain laki-laki dan perempuan dalam satu tim. Permainan bola voli campuran ini mengandalkan kemampuan, kecepatan dalam bergerak, kerjasama team, taktik dan kondisi fisik, bukan kekuatan atau power, karena akan menimbulkan kesenjangan dalam tim yang disebabkan dalam satu tim itu pemainnya campuran.

Dalam permainan bola voli campuran laki-laki dan perempuan bermain di satu lapangan dalam satu tim melawan tim yang lain dengan komposisi pemain yang sama.
Ciri-ciri dan peraturan permainan bola voli campuran adalah sebagai berikut:
  1. Dimainkan oleh 2-6 pemain di setiap tim (biasanya 2 laki-laki dan 3 perempuan).
  2. Lapangan yang digunakan sama dengan lapangan bola voli indoor : panjang lapangan : 18 meter, Lebar lapangan : 9 meter, Garis serang : 3 meter dari garis tengah lapangan, Tebal garis : 5 centimeter
  3. Tinggi net yang digunakan adalah ukurang tinggi net putra dalam voli indoor (2,43m).
  4. Aturan mainnya sama dengan permainan bola voli indoor kecuali satu, jika bola dimainkan lebih dari satu kali di daerh salah satu tim maka satu dari tiga kesempatan memainkan bola harus dimainkan oleh perempuan. Hal ini karena agak laki-laki tidak mendominasi permainan.
  5. Dalam melakukan serve harus bergantian berselang-seling (laki-laki, perempuan, laki-laki, perempuan dst.).

8. Bola Voli Bola Lunak

Permainan bola voli bola lunak atau soft volleyball dimainkan dengan menggunakan bola voli yang terbuat dari karet dan ukurannya lebih besar dari bola yang digunakan pada umumnya.

Idealnya variasi permainan bola voli ini digunakan untuk memperkenalkan permainan bola voli untuk pertama kalinya pada anak-anak dan remaja dengan memfokuskan pada kontrol bola, dasar-dasar permainan dan untuk bersenang-senang.
Permainan bola voli bola lunak atau soft volleyball biasanya diterapkan di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Jepang dengan tujuan mengenalkan permainan bola voli pada anak-anak dengan memfokuskan pada kontrol bola, mengenalkan dasar-dasar permainan bola voli dan untuk hiburan atau bersenang-senang.
Permainan bola voli bola lunak ini dimainkan oleh 4 orang di setiap timnya sama seperti permainan bola voli mini.

9. Bola Voli Duduk

Permainan bola voli duduk atau lebih sering disebut dengan paralimpi ini diciptakan khusus. Peraturan olahraga voli duduk ini adalah sebagai berikut :
  1. Jumlah pemain bola voli duduk masing-masing tim adalah 6 orang
  2. Ukuran Lapangan bola voli duduk adalah : Lapangan berbentuk empat persegi panjang, dengan ukuran : Panjang lapangan : 10 meter;  Lebar lapangan : 6 meter; Garis serang : 2 meter dari garis tengah lapangan.
  3. Net bola voli duduk dibentangkan melintang membagi lapangan menjadi 2 sama luas. Adapun tinggi net Bola Voli Duduk untuk net putra : 1,15 meter, Tinggi net bola voli duduk untuk putri : 1,05 meter
  4. Penilaian poin sama dengan voli indoor.
  5. Sistem setiap set juga manggunakan sistem reli poin dengan nilai akhir 25.
  6. Setiap pemain diwajibkan duduk saat bermain, baik memukul bola maupun berpindah posisi untuk mengejar bola. 
  7. Pemain hanya diperbolehkan ngesot untuk berpindah posisi atau mengejar bola. Apabila ada pemain yang pada saat memukul bola menaikkan pantatnya maka hal tersebut akan dianggap pelanggaran dan wasit akan memberikan poin pada tim lawan.
  8. Pemain hanya mengandalkan jangkauan tangan.

10. Throwball


Throwball adalah permainan yang mempertandingkan 2 tim yang mana setiap tim terdiri atas tujuh pemain. Permainan ini adalah salah satu permainan yang paling populer di India. Permainan ini dimainkan oleh lebih di 45.000 sekolah, perguruan tinggi, klub-klub besar, dan lain-lain. Kejuaraan diadakan untuk kategori laki-laki, perempuan, dalam lingkup daerah, nasional, bahkan internasional.
Peraturan dari permainan ini adalah dalam satu tim maksimal terdiri atas 12 pemain, 7 sebagai pemain inti, dan 5 sebagai cadangan. Kemenangan didapatkan stelah salah satu tim memenangkan 3 set di mana setiap set harus mencapai angka 25 dengan sistem rally poin.

Bola dilemparkan dengan posisi bola saat dilempar harus sejajar dengan bahu. Bola kemudian ditangkap dengan kedua tangan lalu dikembalikan dengan melempar dengan satu tangan saja. Setiap bola yang jatuh di dead zone dianggap sebagai pelanggaran, dan bola hanya boleh ditangkap dan ditahan dalam waktukurang dari 3 detik.

Saat servis, posisi pemain harus 2-3-2. Selama rally bola boleh menyentuh net, dan bola yang jatuh di wilayah permainan lawan akan menjadi poin. Setiap set diberi kesempatan melakukan time-out sebanyak 2 kali, dan melakukan pergantian 5 kali.

Demikian sobat sakuilmu, 10 variasi olah raga bola voli. Kira-kira permainan bola voli mana yang sudah Sobat ketahui? Semoga menambah wawasan kita tentang olah raga bola voli.

Referensi :
http://gurupenjasorkesberkualitas.blogspot.co.id/2015/02/macam-macam-variasi-voli.html
Pencarian gambar google.com
Loading...

0 komentar