Sejarah Bola Voli atau Volleyball

Sejarah Bola Voli atau Volleyball | sakuilmu.net - Bola Voli adalah salah satu olahraga yang sangat populer di Indonesia. Olah raga bola voli ini sangat digemari masyarakat dari berbagai kalangan, bola voli sama populernya dengan olahraga Sepakbola dan Bulutangkis.

Bola voli atau volleyball adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua regu yang saling berlawanan. Masing-masing regu memiliki 6 orang pemain, dan dapat digantikan oleh pemain bola voli cadangan apaila pemain ini bola voli ini mengalami cidera. Pada permainan ini tumpuan utamanya adalah pada kekuatan tangan, lompatan dan kekuatan kaki.

Olahraga Bola Voli saat ini diawasi oleh FIVB (Federation Internationale de Volleyball) didirikan pada tahun 1948 sebagai induk organisasi international yang beranggotakan 15 negara. Sedangakan bila di Indonesia diawasi langsung dan di naungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). 

Apakah Sobat sakuilmu sudah tahu sejarah olahraga bola voli atau volleyball ini?

Olah raga Bola Voli

Sejarah Bola Voli

a. Penemuan Olahraga Mintonette

Sejarah bola voli ini bermula dari seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G Morgan di YMCA (Young Men's Christian Association) Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat). William G Morgan adalah penemu olahraga bola voli pada tanggal 9 Pebruari 1895. Pada saat ditemukan pertamakali olahraga bola voli ini disebut dengan Mintonette.

Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani.

Permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball).

b. Penggantian nama Mintonette menjadi Bola Voli / Volleyball

Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru.

Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

Sejarah Bola Voli di Indonesia

Setelah kita mengetahui sejarah penemuan olahraga bola voli oleh William G Morgan, kini kita akan mengetahui sejarah masuknya olahraga bola voli ini di Indonesia. Masuknya permainan bola voli dimulai ketika masuknya masa penjajahan belanda melalui jalur perdagangan pada tahun 1928.

Perkembangan permainan bola voli sangatlah begitu cepat di Indonesia, hal ini desebabkan karena kebutuhan olahraga rakyat indonesia yang begitu besar. Maka dari itu permainan bola voli masuk dalam pertandingan pekan olahraga nasional (PON) ke 2 pada tahun 1952 yang diadakan di kota Jakarta.

Sampai saat ini bola voli termasuk cabang olahraga resmi yang selalu ada disetiap kejuaraan di Indonesia. Induk organisasi yang ada di Indonesia yaitu persatuan bola voli seluruh indonesia (PBVSI) berdiri pada tanggal 22 Januari 1955. Dan yang menjabat sebagai ketuanya adalah W. J. Latumenten. Kemudian setelah berdirinya induk organisasi indonesia, maka pertama kali diadakan sebuah kongres dan kejuaraan nasional yaitu pada tanggal 28 sampai 30 Mei 1955 yang diselenggarakan di Jakarta.

Dan sampailah perkembangan bola voli sampai dengan hari ini, dimana olahraga bola voli telah menjadi pertandingan yang umum dilakukan oleh masyarakat dari kota sampai ke pelosok desa. Hal ini sangatlah wajar, mengingat olahraga bola voli sangat mudah dilakukan dimanapun berada dengan peralatan berupa net dan bola dan ukuran lapangan yang tidak begitu besar, baik didalam maupun diluar ruangan.

Demikian sobat, sejarah bola voli atau volleyball yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat..
Loading...

1 komentar: