Pengertian Alat Musik Ritmis dan Contohnya

Pengertian Alat Musik Ritmis dan Contohnya | sakuilmu.net - Seringkali kita mendengar istilah alat musik, bahkan kita mungkin sudah mengenal pembagian alat musik berdasarkan sumber bunyinya dan cara memainkannya. Alat musik berdasarkan sumber bunyinya dibagi menjadi : ideofon, aerofon, kordofon, membranofon dan elektrofon. Sedangkan alat musik berdasarkan cara memainkannya dibagi menjadi beberapa macam pula yaitu alat musik tiup, alat musik pukul, alat musik petik dan alat musik gesek. Kesemua penjelasan mengenai masing-masing alat musik tadi, akan kita bahas dilain kesempatan. Lalu apa hubungannya dengan alat musik ritmis? Apakah Sobat juga pernah mendengar alat musik ritmis? atau bahkan sudah tahu apakah alat musik ritmis, serta contoh atau jenis jenis alat musik ritmis tadi?

Untuk lebih mengenal apa itu pengertian dari alat musik ritmis, serta beberapa contoh atau jenis alat musik ritmis ini, mari kita bersama sama mengenalnya tetap di halaman sakuilmu.net

1. Pengertian Alat Musik Ritmis

Apakah alat musik ritmis itu? Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak memiliki tinggi nada, akan tetapi hanya memiliki perbedaan tinggi bunyi untuk mengeluarkan irama. Secara gampangnya barangkali dapat dijelaskan bahwa alat musik ritmis tidak memiliki tangga nada seperti do re mi pa so la si do..  melainkan memiliki nada yang tetap.

2. Fungsi Alat Musik Ritmis

Setelah kita tahu apa itu alat musik ritmis, selanjutnya kita akan mengenal fungsi dari alat musik ritmis ini. Fungsi dari alat musik ritmis adalah sebagai pengiring lagu dan pengatur tempo pada irama lagu.

3. Contoh alat musik ritmis

Banyak sekali alat musik ritmis yang ada didunia ini, sebagian merupakan alat musik tradisional dan ada pula yang sifatnya sudah modern. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis baik yang tradisional maupun modern.

a. Contoh alat musik ritmis tradisional

Gendang
Gendang, kendhang, atau kendang adalah satu jenis alat musik ritmis tradisional yang berasal dari beberapa provinsi di Indonesia. Sebagian besar alat musik ritmis gendang ini terbuat dari kayu dan kulit binatang sebagai membrannya. Alat musik kendang dibunyikan dengan cara dipukul, dan berfungsi sebagai pengatur tempo irama musik. Namun ada beberapa kesenian yang hanya menggunakan alat musik kendang ini, seperti di Jawa Barat yang dikenal dengan nama Rampak Gendang.

Bongo
Bongo adalah salah satu alat musik ritmis tradisional yang berasal dari Kuba. Alat musik pukul ini terdiri dari sepasang gendang (kecil dan besar) yang bagian bawahnya tidak tertutup. Alat musik bongo dimainkan dengan cara meletakkannya di antara kaki. Gendang kecil disandarkan pada satu paha, sedangkan gendang besar dikempit menggunakan betis yang berlawanan. 

Tifa
Tifa adalah nama alat musik tradisional dari Indonesia Timur khususnya Maluku dan Papua. Alat musik tradisional yang satu ini terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya serta salah satu ujungnya ditutup dengan menggunakan kulit binatang. Kulit binatang yang digunakan untuk membuat tifa biasanya adalah kulit rusa. Cara memainkan tifa hampir sama dengan kendang, yaitu dengan cara dipukul.


Marakas
Marakas atau dalam bahasa asing disebut Maracas, Maracax'a, Maraca' Mbara'ka, di kategorikan sebagai alat musik perkusi. Pada masa lalu instrumen ini dimainkan secara tunggal, sebagai media penyembuhan dalam banyak prosesi ritual hampir di seluruh Afrika, Amerika Selatan dan Karibia. Marakas termasuk dalam jenis perkusi idiophones atau autophones dan juga merupakan salah satu bagian penting dari musik Cuba, Salsa, Rumba, Charanga dan Trova Ensemble. Marakas merupakan alat musik yang tidak memiliki tangga nada (ritmis)

b. Contoh alat musik ritmis modern

Drumset
Drumset adalah kumpulan alat musik pukul yang sangat penting dalam perkembangan musik modern. Sebuah drumset biasanya terdiri dari 3 macam perangkat yang digabung menjadi satu kesatuan. Yaitu:
  • Drum, bagian yang berupa; snare drum, bass drum, tom-tom, floor tom, dll.
  • Simbal, bagian yang berupa; hi-hat, ride cymbal, crash cymbal, chinese, splash, dll.
  • Perangkat keras, berupa komponen; cymbal, tiang dan pedal hi-hat, pedal bass/kick, bangku/stool, dll.
Namun ada juga drummer yang menambah perangkat lain seperti tambahan bass drum, roto tom, jam-block, octoban, conga, cowbell, dan macam-macam perkusi lain untuk memperkaya permainannya. (id.wikipedia.org)
dreamatico.com 
Triangle
Triangle adalah salah satu alat musik ritmis modern berbentuk segitiga. Alat musik ini terbuat dari logam, baik baja maupun dari bahan logam lainnya dan diberi gantungan dari kawat atau nilon sebagai pegangan. Triangle berkerja dengan cara menghasilkan bunyi dari getaran seluruh badan instrument (idiofoni). Cara memainkannya yaitu dengan memukul sisi bagian dalam maupun luar triangle sehingga menghasilkan bunyi.
www.westmusic.com

Demikian Sobat Sakuilmu, kita sudah mengetahui bersama tentang pengertian alat musik ritmis dan contoh - contoh alat musik yang masuk dalam kategori alat musik ritmis baik tradisional maupun modern. Semoga bermanfaat.
Loading...

4 komentar