Tips Cara Melatih Lompatan Lebih Tinggi

Tips Cara Melatih Lompatan Lebih Tinggi | sakuilmu.net. Pada beberapa cabang olahraga, lompatan yang tinggi sangat dibutuhkan dengan tujuan agar bisa memudahkan kita melakukan kontrol pertandingan, contohnya pada olahraga bola volly dan basket. Dengan jumping yang tinggi kita bisa dengan mudah melakukan smash yang terarah dan mematikan bola di area lawan. Demikian pula dengan olahraga basket, dengan lompatan yang lebih tinggi kita bisa menguasai bola dan mengarahkan bola ke ring lawan dengan mudah. Artikel berikut ini berisi kumpulan bebera tips cara melatih lompatan lebih tinggi, yang bisa berguna pada olahraga bola volli dan basket.

Pada dasarnya untuk mendapatkan lompatan yang lebih tinggi atau jumping smash yang lebih optimal diperlukan otot kaki yang kuat. Karena dengan memiliki otot kaki yang kuat akan dapat melontarkan tubuh kita denga lebih kuat pula, sehingga dapat dicapai ketinggian lompatan / jumping yang maksimal. Dan dibawah ini tips untuk melatih otot kaki lebih kuat untuk dapat lompat lebih tinggi :

1. PEMANASAN / WARMINGUP 

Sebelum kita melakukan latihan inti untuk menguatkan otot-otot kaki dan tubuh kita, wajib dilakukan pemanasan baik statis maupun pemanasan secara dinamis.  Tujuan dari pemanasan ini adalah untuk meregangkan sendi-sendi dan otot kita agar dapat menerima dan siap dalam menghadapi latihan yang akan kita lakukan, juga agar meminimalisir terjadinya cedera. Sehingga latihan untuk mendapatkan lompatan lebih tinggi bisa dicapai secara maksimal

2. LARI BIASA / LARI SPRINT 

Joging maupun melakukan lari sprint sekitar 20 menit akan melatih kekuatan otot tungkai.

3. BERLARI MENAIKI DAN MENURUNI TANGGA


Berlari dengan menaiki dan menuruni tangga berundak berguna  untuk melatih kekuatan otot tungkai, paha, agar mempunyai kekuatan dan ketahan otot yang sempurna.

 4. LOMPAT TALI ATAU SKIPPING 

Lompat tali atau skipping yang dilakukan secara teratur setiap hari minimal 15 menit akan meningkatkan kekuatan otot kaki yang digunakan pada saat melompat keatas.

5. LONCAT KIDANG 


Loncat kidang adalah berlari seperti kidang/kijang atau posisi jingjit, gerakan ini berfungsi untuk meningkatkan dan menguatkan otot kaki dan agar loncatan kita menjadi ringan walaupun hanya menggunakan sebelah kaki. Pull Up

6. SQUAT JUMP

Latihan ini ditujukan untuk melatih kekuatan otot paha agar mempunyai otot yang maksimal.

7. GERAKAN KOMBINASI/SKOTCHTRAS 

Lakukan gerakan lari cepat atau gerakan lari sprint di tempat. dan saat melakukan gerakan tersebut langsung dianjutkan kebawah layaknya posisi pus-up. 10 kali latihan akan sangat baik. Kemudian push-up langsung bangun dan melakukan gerak jumping dengan posisi tangan terlentang keatas.


Demikian sobat, beberapa tips  yang berguna untuk melatih lompatan supaya lebih tinggi. Semoga bermanfaat bagi Sobat yang menginginkan bisa jumping smash yang tinggi dan maksimal.
Loading...

0 komentar