Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi - Sebagiamana telah kita ketahui, bahwa seni rupa dapat dibedakan dalam hal fungsi dan wujud/bentuknya. Dilihat berdasarkan fungsinya, seni dapat terbagi menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan. Sedangkan dalam hal wujud ataupun bentuknya, seni dibedakan menjadi seni rupa 2 Dimensi dan seni rupa 3 Dimensi. Pada artikel yang lalu kita telah mengenal pengertian dan contoh karya seni 3 Dimensi. dan Artikel kali saatnya kita mengenal pengertian atau definisi seni rupa 2 dimensi dan contoh karya seni rupa 2 dimensi.

1. Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi


Pengertian seni Rupa 2 Dimensi - Seni Rupa 2 (dua) dimensi adalah merupakan karya seni rupa yang memiliki batas 2 sisi, yaitu panjang dan lebar. Berbeda dengan seni rupa 3 dimensi yang memiliki ruang, karya seni rupa 2 dimensi hanya memiliki panjang dan lebar saja. Seni rupa 2 Dimensi pada umumnya masuk dalam kategori seni rupa murni. Seni rupa murni sendiri adalah sebuah bentuk karya seni rupa yang menitikberatkan pada ekpresi jiwa.

2. Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi


Setelah kita mengenal definisi atau pengertian pengertian seni rupa 2 dimensi, saatnya kita mengenal contoh dari karya seni rupa 2 dimensi. Beberapa contoh karya seni rupa 2 dimensi yang kita kenal antara lain :

a. Contoh Seni Rupa 2 Dimensi - Lukisan


Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding. Objek seni lukis ini adalah kertas, kanvas atau dinding yang hanya memiliki 2 dimensi saja yaitu lebar dan panjang.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi - Lukisan Mona Lisa (wikipedia.org)

b. Contoh seni rupa 2 Dimensi - Seni Grafis


Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Berbeda dengan contoh karya seni rupa 2 dimensi berupa lukisan, karya seni rupa 2 dimensi ini lebih modern dengan penggunaan teknik cetak dengan teknologi yang sederhana hingga modern, dengan peralatan cat hingga digital yang makin populer pada saat ini.

Contoh seni rupa 2 dimensi - Karya Oscas Ramos (www.idseducation.com)

c. Contoh seni rupa 2 dimensi - Kaligrafi


Kaligrafi, dari bahasa Yunani; καλλι "keindahan" + γραφος "menulis" ) Bahasa Jepang Nihongo 日本語) adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan contoh kaligrafi sebagai tipografi buku-buku masa kini.
Meskipun kaligrafi dalam tulisan arab lebih dikenal, tetapi banyak pula penerapan aplikasi ke dalam tulisan latin.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi - kaligrafi Islam dari abad 11 dari Persia (wikipedia.org)
Demikian Sobat sakuilmu.net, artikel yang mengupas secara singkat mengenai pengertian seni rupa 2 dimensi dan contoh-contoh karya seni rupa 2 dimensi yang bisa kita temui. Semoga artikel mengenai pengertian dan contoh karya seni rupa 2 dimensi ini bermanfaat.
Loading...

0 komentar