Pengertian dan Contoh Seni Rupa Murni

Pengertian dan Contoh Seni Rupa Murni - Karya seni yang dibuat oleh manusia terus berkembang dari masa ke masa. Namun demikian, dilihat dari fungsinya unsur seni rupa murni tidaklah berubah, berbeda dengan seni rupa terapan yang menyelaraskan karya seni rupa dengan perkembangan kebutuhan manusia, seni rupa murni lebih menitikberatkan pada fungsinya sebagai ekspresi jiwa dan estetika. Namun demikian ada baiknya kita lebih mendalami lagi mengenai pengertian / definisi seni rupa murni ini, dan contoh karya seni rupa murni.

1. Pengertian Seni Rupa Murni

Seni Rupa Murni adalah merupakan cabang dari seni rupa yang dalam proses penciptaan karyanya lebih menitik beratkan pada ekpresi jiwa semata dengan memenuhi unsur estetika / keindahan.

Seni rupa murni banyak dikenal sebagai karya seni rupa yang bebas dimana karya yang dihasilkan lebih pada hasil ekpresi emosional/perasaan dan kreatifitas pembuatnya.

2. Contoh Karya Seni Rupa Murni

Sudah dijelaskan diatas bahwa pada dasarnya seni rupa murni lebih merupakan karya seni yang menggambarkan ekpresi jiwa sipembuatnya, sehingga pada prakteknya karya seni rupa murni memiliki fungsi sebagai pajangan / hiasan. Dan berikut ini beberapa contoh karya seni rupa murni yang dapat kita temui :

a. Contoh Karya seni Rupa Murni - Lukisan (Seni Lukis)


Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding. Objek seni lukis ini adalah kertas, kanvas atau dinding yang hanya memiliki 2 dimensi saja yaitu lebar dan panjang.

Selain masuk kedalam contoh karya seni rupa murni, dilihat dari wujudnya lukisan juga merupakan salah satu contoh karya seni rupa 2 dimensi.


Contoh Seni Rupa murni - Lukisan Mona Lisa (wikipedia.org)


b. Contoh Karya seni Rupa Murni - Seni Grafis


Seni grafis adalah cabang seni rupa yang proses pembuatan karyanya menggunakan teknik cetak, biasanya di atas kertas. Seni grafis ini selain merupakan cabang seni rupa murni, dilihat dari wujudnya termasuk dalam karya seni rupa 2 dimensi.

Contoh seni rupa murni - Seni Grafis Karya Oscas Ramos (www.idseducation.com)

c. Contoh Karya seni Rupa Murni - Patung

Patung adalah hasil ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan dengan membuat bentuk visual melalui media tiga dimensi untuk tujuan estetika. Patung biasa ditemukan di atas meja, lobi gedung, persimpangan jalan, taman, dll. Pada umumnya patung berwujud manusia, hewan, atau makhluk mitologi. 

Contoh karya seni rupa murni berupa patung

d. Contoh Karya seni Rupa Murni - Relief

Relief adalah seni pahat dan ukiran 3-dimensi yang biasanya dibuat di atas batu. Bentuk ukiran ini biasanya dijumpai pada bangunan candi, kuil, monumen dan tempat bersejarah kuno. 

Contoh karya seni rupa murni berupa Relief di Candi Borobudur

 

e. Contoh Karya seni Rupa Murni - Mosaik

Mosaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga merupakan aspek dari dekorasi interior. Mosaik seringkali digunakan dalam katedral

Contoh karya seni rupa murni berupa mosaik
Nah.. bagaimana sobat sakuilmu.net, sudah tahu kan sekarang? apa itu pengertian seni rupa murni dan beberapa contoh karya seni rupa murni yang ada / dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel mengenai pengertian dan contoh seni rupa murni ini bisa membantu Sobat semua.
Loading...

0 komentar