Ciri Teks Pidato Persuasif

Ciri Teks Pidato Persuasif | sakuilmu.net - Halo Sobat Sakuilmu, bertemu lagi dengan pembelajaran Bahasa Indonesia nih. Kali ini kita akan mengenal beberapa ciri teks pidato persuasif. Namun sebelumnya alangkah lebih baik apabila kita mengenal terlebih dahulu definisi atau pengertian persuasif. Apakah arti persuasif ? Dengan mengenal maksud dan arti dari kata persuasif, maka kita dapat mengenal pula beberapa ciri teks pidato yang bersifat persuasif.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata persuasif/per·su·a·sif/ /pĂ©rsuasif/ adalah bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Jadi Pidato persuasif adalah pidato yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk pendengar untuk mengikuti keinginan kita secara sukarela.

Nah setelah kita mengetahui definisi atau arti dari kata persuasif, dan juga telah mengetahui maksud dari pidato persuasif, sekarang kita dapat menyimpulkan mengenai ciri-ciri teks pidato persuasif. Adapun ciri-ciri teks pidato yang bersifat persuasif adalah :

  • Bersifat mendorong /mengajak 
  • Reaksi yang diinginkan adalah membangkitkan emosi, agar pendengar menyetujui atau meyakini dan mungkin membangkitkan timbulnya tindakan tertentu pada pendengarnya.
Ilustrasi Ciri Teks Pidato Persuasif

Demikian Sobat sakuilmu, sifat teks pidato persuasif yang bisa kita ambil pelajarannya. Semoga Sobat makin lancar membuat teks atau naskah pidato yang bersifat persuasif. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya..
Loading...

2 komentar