Pengertian Kesegaran Jasmani

Pengertian Kesegaran Jasmani - Sakuilmu.net | Setiap insan memiliki kesegaran jasmani yang berbeda-beda. Istilah kesegeran jasmani ini sering kita dengar bahkan pasti untuk yang sedang duduk dibangku pendidikan, istilah kesegaran jasmani pernah kita pelajari. Apakah pengertian kesegaran jasmani ini? 

Pengertian Kesegaran Jasmani atau Kebugaran Jasmani selalu dikaitkan dengan olahraga, padahal pengertian kesegaran jasmani ini terkait dengan kondisi fisik seseorang. Jadi bukan merupakan praktik olahraga walaupun pada kenyataannya untuk mencapai kondisi kesegaran jasmani ini diantaranya dengan melakukan olahraga.

Untuk lebih mengetahui mengenai apa itu Kesegaran jasmani atau kebugaran Jasmani, berikut ini beberapa definisi Kesegaran Jasmani menurut para ahli :

  1. Kesegaran jasmani menurut the presidents council Phisical Fitness and Sport dalam Yusnul Hairly (2004: 1.17) kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas sehari-hari dengan giat dan dengan penuh kewaspadaan, tanpa mengalami kelelahan yang berat, dan dengan energi yang cukup untuk menikmati waktu senggangnya dan menghadapi hal-hal yang darurat yang tidak terduga sebelumnya.
  2. Menurut Engkos Kosasih (1983: 10) bahwa seseorang berada dalam keadaan fit (memiliki kesegaran jasmani) apabila seseorang cukup mempunyai kekuatan (strenght), kemampuan (ability), kesanggupan, daya kreasi dan daya tahan untuk melakukan pekerjaan dengan efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti.
  3. Menurut Endang Rini S dan Fajar Sri W (2008: 1) : Orang bugar adalah mereka yang dapat menikmati hidup dan kehidupanya, baik secara fisik, mental, emosional dan sosial (total fitness) . 
  4. Menurut Pusat Pengembangan Kesegaran Jasmani (2010: 1) kebugaran jasmani adalah kondisi jasmani yang bersangkut paut dengan kemampuan dan kesanggupannya berfungsi dalam pekerjaan secara optimal dan efisien.
  5. Menurut T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40) : kebugaran jasmani merupakan kondisi yang mencerminkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berarti.
Kesimpulan Pengertian Kesegaran Jasmani : Kemampuan seseorang atau individu untuk melakukan suatu kegiatan atau aktivitas sehari-hari secara terus menerus tanpa mengalami kelelahan yang berarti, dan masih memiliki cadangan energi atau tenaga untuk melakukan aktivitas lainnya

Kebugaran jasmani dapat ditingkatkan melalui latihan kondisi fisik(physical conditioning). Derajat kebugaran jasmani seseorang sangat menentukan kemampuan fisiknya dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Semakin tinggi derajat kebugaran jasmani seseorang, maka akan semakin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya. Latihan kebugaran jasmani dapat memperbaiki kondisi fisik.Kondisi fisik yang baik berpengaruh positif pada peningkatan kerja tubuh


 
Demikian Sobat sakuilmu.net, beberapa pengertian definisi kesegaran jasmani dan kebugaran jasmani menurut beberapa ahli. Untuk mencapai kondisi kesegaran jasmani ini, idealnya terdiri dari beberapa komponen kesegaran jasmani. Apa saja komponen utama kesegaran jasmani ini? Nantikan artikel selanjutnya mengenai komponen kesegaran jasmani.

Semoga artikel mengenai pengertian definisi kesegaran jasmani ini bisa bermanfaat untuk Sobat semua.. :D
Loading...

0 komentar