Kepanjangan dan Definisi COO

Kepanjangan dan Definisi COO ~ sakuilmu.net.  Kepanjangan COO adalah Chief Operating Officer, biasanya disebut  juga dengan sebutan chief operations officer, director of operations atau operations director. Dengan Demikian COO adalah merupakan seorang executive dalam perusahaan yang bertugas dan bertanggungjawab dalam menjalankan kegiatan operasional sehari-hari perusahaan dan melaporkan kepada level tertinggi dalam perusahaan (CEO).

Peranan COO dalam persusahaan dapat tergantung pada jenis perusahaannya.Contohnya  COO dalam bidang manufaktur bertanggung jawab atas lancarnya kegiatan produksi dan produktifitas karyawan-karyawannya. Sedang COO dalam perusahaan distribusi retail biasa menangani lancarnya ketersediaan barang dagangan dan kegiatan internal perusahaan di dalamnya. Peran COO dalam perusahaan sangat besar karena perannya memimpin operasional perusahaan sehingga perusahaan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Oleh karena itu biasanya COO juga sering disebut sebagai Direktur Operasional ataupun Direktur Produksi. COO dapat diangkat dan diberhentikan oleh CEO

Tidak seperti posisi C-Suite lainnya (CFO, CMO, CTO), yang cenderung didefinisikan sesuai dengan tanggung jawab umum yang ditunjuk di sebagian besar perusahaan, pekerjaan COO cenderung didefinisikan dalam hubungannya dengan CEO tertentu dengan siapa ia / dia bekerja, mengingat hubungan kerja yang erat dari dua individu . Peran (termasuk kekuatan dan tanggung jawab di dalamnya) dapat bervariasi secara dramatis, tergantung pada gaya dan kebutuhan seorang CEO . Dengan demikian, peran COO sangat kontingen dan situasional, seperti peran perubahan dari perusahaan ke perusahaan dan bahkan dari CEO untuk pengganti CEO dalam perusahaan yang sama.

Demikian Sobat sakuilmu.net, sekilas mengenai Kepanjangan dan Definisi COO. Sampai jumpa dalam artikel selanjutnya mengenai CTO. Apa itu CTO? simak artikel  Arti dan Kepanjangan CTO.
Loading...

0 komentar