Definisi, sejarah dan Manfaat Internet bagi Kita

Sakuilmu.net - Artikel kali ini masih seputar TI (Teknologi Informasi) yang akan membahas mengenai definisi internet, sejarah internet, serta manfaat internet bagi kehidupan kita. Sobat sakuilmu.net pasti sudah sering mendengar istilah internet bukan? bahkan ketika Sobat membuka dan membaca artikel di sakuilmu.net, berarti Sobat sedang mempergunakan teknologi internet tersebut. Jadi, mari kita mengenal pengertian internet, sejarah internet beserta manfaat internet bagi kehidupan kita. Dan tentu saja sejauh mana internet ini merubah gaya hidup masyarakat Indonesia akhir-akhir ini.

Definisi / Pengertian Internet


Internet sebenarnya merupakan singkatan dari ungkapan bahasa Inggris yaitu dari kata interconnection-networking yang kemudian disingkat dan kita kenal dengan nama internet. Apabila didefinisikan internet atau interconnection-networking adalah  jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket data (packet switching communication protocol).

Secara sederhananya dengan mempergunakan teknologi jaringan berbasis TCP/IP tersebut, maka dimanapun dan dengan perangkat apapun kita bisa saling terhubung satu sama lain dengan cara pertukaran data bisa berupa data teks (sosial media), suara, gambar, dan data multimedia lainnya.

Sejarah Internet


Pada awalnya Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET ini merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Pada awalnya proyek ARPANET dibangun untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Jenis Internet dan Manfaat Internet bagi Kita

Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). 

Adapun standar protokol-protokol Internet yang sering digunakan saat ini adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik (POP3, IMAP, SMTP), Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. 

Internet juga memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter, Facebook dan lain sebagainya. Bahkan saat ini setelah adanya sistem operasi Android, semakin banyak aplikasi pengirim pesan yang berjalan di smartphone dengan menggunakan basis data internet seperti Blackberry messenger (BBM), Line, Kakaotalk, Wechat, WhatsApp dan lain sebagainya

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Dengan adanya internet kehidupan manusia banyak mengalami perubahan dari berbagai sisi. Yang sangat terasa saat ini adalah adanya kemudahan dalam berkomunikasi melalui berbagai aplikasi seperti yang sudah kita ketahui diatas, selain itu dalam dunia bisnis sudah sangat menjamur berbagai bisnis online yang tidak dibatasi ruang dan waktu. Penjual dan pembali bisa melakukan transaksi dimanapun mereka berada dan tentu saja kapanpun mereka mau. Selain itu, dengan adanya fasilitas internet, jarak yang jauh menjadi seperti sangat dekat. Kita bisa bertukar data dengan sangat cepat dengan seseorang yang berada jauh dari kita. Internet juga sangat berpengaruh dalam perkembangan ilmu pengetahuan, cukup dengan menggunakan mesin pencari seperti google, yahoo, bing dan lain sebagainya, kita dengan mudah bisa menemukan informasi berharga yang kita perlukan.

Namun demikian, penggunaan internetpun masih  menimbulkan kontroversi, dimana isu penyebaran pornografi, pelanggaran hak cipta, pencurian identitas, pernyataan kebencian / hate speech sangat mudah ditemukan di internet. Untuk itulah setiap negara memiliki undang-undang yang bertujuan untuk melindungi hak pengguna internet. Di Indonesia sendiri telah ada Undang - Udang ITE yang mengatur tata tertib sosial di Internet. Jadi sebaiknya kita tetap menjaga sopan santun dan tata tertib di dunia maya ini.

Nah Sobat sakuilmu.net, demikian sekilas mengenai definisi internet atau pengertian internet, sejarah internet dan manfaat internet bagi kita. Semoga bermanfaat, dan sampai berjumpa lagi dengan artikel lainnya seputar pengetahuan teknologi informasi di sakuilmu.net.
Loading...

1 komentar: