Pengertian Sistem Operasi dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi | Sakuilmu.net- Dalam dunia teknologi saat ini, kehidupan manusia telah banyak dibantu oleh sistem komputer yang dipasang pada berbagai perangkat digital. Dari mulai Personal Computer (PC, Laptop, Netbook), Handphone (Smartphone), jam tangan, kamera digita l dan berbagai perangkat rumah tangga yang bahkan bisa terhubung satu dengan yang lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenal pengertian sistem operasi dan contoh sistem operasi.

Pengertian Sistem Operasi

Sistem Operasi  adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi juga dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Operating System atau disingkat dengan OS.

Fungsi Sistem Operasi

Fungsi Sistem Operasi adalah melakukan kontrol dan managemen hardware / perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem seperti penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya. Sistem Operasi juga berkedudukan sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer.

Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan booting. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software itu.

Secara simpelnya, berikut beberapa fungsi sistem operasi :


  • Fungsi sistem operasi sebagai mediator, adalah sistem operasi komputer menjadi penengah atau penghubung perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak komputer (sofware).
  • Fungsi sistem operasi sebagai wadah adalah sistem operasi komputer tempat menginstal suatu aplikasi, dan sebaliknya.
  • Fungsi sistem operasi komputer sebagai penerjemah adalah sistem operasi komputer melakukan proses penerjemahan bahasa program untuk ditampilkan ke layar monitar yang berupa kombinasi grafis dan teks.

Cara Kerja Sistem Operasi

Sistem Operasi pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian:
  • Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory
  • Kernel, yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
  • Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
  • Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
  • Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya.
Adakalanya sebuah sistem operasi berisikan data yang sangat besar dan memerlukan interaksi dari penggunanya seperti sistem operasi komputer. Namun ada pula sistem operasi yang bekerja tanpa interaksi dengan pengguna yang disebut Real-Time OS.

Sistem Operasi Komputer ada yang hanya bisa mengijinkan 1 aplikasi dijalankan seperti DOS (Disk Operating System). Namun kebanyakan sistem operasi saat ini telah mendukung lebih dari 1 aplikasi yang dapat dijalankan secara bersamaan. Hal ini disebut dengan Multi-tasking Operating System



Contoh Sistem Operasi

Contoh Sistem Operasi  yang ada saat ini antara lain :

  1. Sistem Operasi Microsoft Windows. Sistem operasi Micrososft Windows memiliki berbagai versi dari mulai ada sampai versi terbaru saat artikel ini dibuat adalah : Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012 dan Windows 10 yang dirilis tanggal 25 Juli 2015 lalu))
  2. Sistem Operasi Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berbasis kernel linux yang dimodifikasi.)MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Sistem Operasi  Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.11 (El Capitan) yang diumumkan pada tanggal 8 Juni 2015.
  4. Sistem Operasi Android, adalah sistem operasi yang berbasis GNU/Linux (Keluarga Sistem Operasi Unix) yang dirancang secara khusus untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti smartphone dan tablet. Sistem Android ini pertamakali dikembangkan oleh Android Inc dengan dukungan finasial dari google yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi Android yang pertama kali dirili 8 tahun lalu (23 September 2008) saat ini telah merilis versi 7 dengan kode nama "Nougat" pada tanggal 4 Oktober 2016 lalu.
Contoh Desktop Windows 10

Demikian Sobat saku-ilmu, sekilas artikel mengenai Sistem Operasi dan contoh sistem operasi yang ada pada saat ini. Semoga bermanfaat.
Loading...

0 komentar