Pengertian dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian dan Contoh Seni Rupa 3 Dimensi - Seni Rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan, dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

 Pembagian Seni Rupa

  1. Ditinjau dari sisi fungsi, seni rupa dibedakan menjadi 2, yaitu Seni Rupa Murni dan Seni Rupa Terapan. Seni rupa murni yaitu seni rupa yang lebih menitikberatkan pada ekspresi jiwa. Sedangkan seni rupa terapan adalah seni rupa yang proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu.
  2. Ditinjau dari sisi wujud dan bentuk, seni rupa dibagi juga menjadi 2 macam. Yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi 

Seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni yang dibatasi tidak hanya dengan sisi panjang dan lebar, tetapi juga dibatasi oleh kedalaman. Atau dalam bahasa sederhananya yaitu karya seni yang memiliki ruang. Unsur ruang inilah yang menjadi pembeda antara karya seni rupa 2 dimensi dengan karya seni rupa 3 dimensi.

Jenis dan Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi 


Seperti yang telah
dibahas diatas, bahwa seni rupa murni merupakan karya seni yang menonjolkan keindahan dibandingkan dengan fungsi daripada benda tersebut. Sehingga karya seni rupa murni hanya bisa dinikmati keindahannya saja. Contoh seni rupa 3 dimensi yang memiliki fungsi sebagai seni rupa murni adalah patung atau tugu.
 
Contoh seni rupa 3 dimensi (Patung Ikan Jl. BKR Bandung)
Sedangkan  Seni rupa terapan merupakan karya seni yang maksud dan tujuannya untuk mempermudah hidup manusia, namun di sisi lain tetap memiliki nilai keindahan atau estetika. Contoh seni rupa 3 Dimensi berupa benda yang biasa kita pakai sehari-hari seperti peralatan dapur, arsitektur dan sebagainya.

Demikian Sobat Saku Ilmu, pengertian dan contoh seni rupa 3 Dimensi. Jika berguna, silahkan disharing kembali.. :D 

Loading...

0 komentar